|

ASN Humbahas Jadi Pioner Atasi Stunting

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE saat hadir pada kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Humbahas di Aula Hutamas Kompleks Perkantoran Tanotubu kawasan Doloksanggul, Selasa (09/08/2022). Foto Ist   

Doloksanggul- Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor SE berharap, para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perangkat desa mampu menjadi pioner dalam meminimalisir permasalahan stunting.

"Para ASN dan perangkat desa harus menjadi pioner dalam menyelesaikan permasalahan stunting di Kabupaten Humbang Hasundutan ini," tegas Bupati Dosmar saat hadir pada kegiatan 'Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Humbahas di Aula Hutamas Kompleks Perkantoran Tanotubu, kawasan Doloksanggul, Selasa (09/08/2022).

Salah satu upaya yang harus dilakukan setiap ASN dan perangkat desa yakni melalui penerapan pola hidup bersih, mulai dari cuci tangan dan mandi secara teratur. Selain itu, kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal juga harus dijaga. 

"Camat dan Kepala Desa harus turun langsung ke lapangan untuk meninjau, bahkan mengajak masyarakat agar secara bersama bergotong-royong membersihan lingkungan tempat tinggal," imbaunya.

Bagi anggota masyarakat yang hendak menikah, Bupati Dosmar mengingatkan pihak terkait untuk mempertanyakan kesiapan pasangan itu. Begitu juga bagi kaum perempuan yang sedang mengandung, disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatannya, termasuk asupan gizi janin di rahim mereka.

"Masalah stunting ini bukan hanya urusan tenaga kesehatan, tapi kita semua," tegasnya.

Pada kesempatan itu, dilakukan penandatanganan komitmen bersama Rembuk Stunting dalam upaya pelaksanaan percepatan, pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Humbahas oleh anggota Forkopimda dan seluruh stakeholder terkait.

Sekadar informasi, stunting merupakan masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan anak. Tidak hanya berisiko pada hambatan pertumbuhan fisik dan kerentanan anak terhadap penyakit, tapi juga menghambat perkembangan kognitif yang akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak di masa depan. 

Stunting disebabkan oleh faktor multidimensi. Beberapa penyebab stunting adalah pola asuh yang kurang optimal, minimnya pengetahuan tentang kesehatan dan gizi serta kurangnya asupan gizi sebelum dan selama kehamilan serta setelah kehamilan. Fey

Komentar

Berita Terkini