|

Stok Bahan Pokok Sumut Cukup

Sekda Provsu, Hj R Sabrina saat memimpin rapat Koordinasi TPID Sumut di Aula T Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman No 41 Medan, Selasa (02/02/2021). Foto Ist

Medan- Meski komoditas pangan, salah satunya cabai merah, menjadi penyumbang terbesar inflasi sebesar 0,45% di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Januari 2021, namun secara umum, stok pangan mencukupi. Demikian dikemukakan Sekda Provsu, Hj R Sabrina saat memimpin Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provsu di Aula T Riza Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman No 41 Medan, Selasa (02/02/2021).  

“Sejauh ini, kalau kita lihat bahan pokok kita masih aman,” ujar Sabrina usai rapat.

Ia mengemukakan, ada beberapa poin penting yang harus ditindaklanjuti ke depan, salah satunya, petani harus mendapatkan harga memadai. Begitu juga harga konsumen. Selain itu, kata Sabrina, cuaca juga menjadi penentu masa tanam atau produksi pangan. 

“Jika kita sudah mengetahui pola cuaca, kita bisa memprediksikan kapan dan dimana kita bertanam,” ujarnya.

Pada rapat tersebut, sebelumnya Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Soekowardojo, menyatakan, makanan merupakan penyebab terjadinya fluktuasi inflasi Sumut. Menurutnya, cabai merah masih menjadi kunci dalam menjaga stabilitas inflasi. Disebutkannya, perekonomian tahun 2021 diperkirakan menguat seiring dengan pulihnya ekonomi global. 

“Diiringi peningkatan harga komoditas dan kondisi Covid-19 yang terkendali, sejalan dengan perbaikan pertumbuhan inflasi juga diprediksi meningkat namun masih dalam rentang sasaran,” tuturnya.

Soekowardojo mengingatkan, dampak La Nina masih perlu dicermati, karena berpotensi menyebabkan gagal panen. 

“Komoditas lainnya juga berpotensi mengalami kenaikan harga karena pasokan yang lebih sedikit. Kondisi ini disebabkan respons produsen akibat pendapatan yang menurun di tahun 2020,” prediksinya.

Sementara, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Deliserdang BMKG, Syafrinal, menyampaikan, secara umum Indonesia terdampak La Nina. Namun, khusus Sumut, dampak La Nina tidak begitu signifikan pada peningkatan curah hujan di Sumut. Van

Komentar

Berita Terkini