|

Kembangkan UMKM, Gubsu Edy 'Gandeng' Gojek

Gubsu Edy Rahmyadi dan Head of Government Relation GOJEK Regional Sumatera, Muhammad Ruslan, menandatangani kesepakatan bersama pengembangan UMKM Sumut, di Rumah Dinas Gubernur kawasan Jalan Sudirman Medan, Selasa (22/09/2020). Foto Ist

Medan- Dalam upaya mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Gubsu Edy Rahmayadi menandatangani kesepakatan bersama dengan Head of Government Relations GOJEK Regional Sumatera, Muhammad Ruslan, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman 41 Medan, Selasa (22/09/2020).

"Kesepakatan ini tentang pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, peningkatan layanan publik dan penataan transportasi melalui aplikasi Gojek," ungkapnya yang saat itu didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Setda Provsu, M Fitriyus dan Kadis Perhubungan Sumut, Abdul Haris Lubis.

Ia menjelaskan, ruang lingkup kesepakatan bersama meliputi pembinaan keahlian dan kemampuan bagi perempuan dan pelaku UMKM di Sumut melalui pelatihan kewirausahaan dan promosi potensi unggulan daerah, penataan transportasi dalam jaringan (daring) di Provinsi Sumut. Ditambahkannya, penataan transportasi tidak hanya terbatas pada pengadaan shelter bagi mitra pengemudi dan pengguna aplikasi, namun juga pembinaan bagi mitra pengemudi.

Selain itu, kata Gubsu Edy, pengembangan alternatif pembayaran pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumut dengan memanfaatkan GoPay sebagai metode pembayaran di lokasi-lokasi yang dikelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, serta pelaksanaan sosialisasi bersama dalam bidang pariwisata, pajak dan retribusi, UMKM, kesehatan dan transportasi publik.

“Kita sambut baik kerja sama ini, semoga bisa membantu rakyat kita khususnya UMKM di Sumatera Utara yang terdampak Covid-19,” tuturnya.

Gubsu Edy mengajak setiap pihak dapat mendukung dan memajukan UMKM lokal Sumut. Caranya, bisa dengan membeli produk UMKM maupun seperti yang dilakukan Gojek.

“Semua, siapapun bisa ikut memajukan UMKM lokal kita, bisa juga dengan membeli produk-produk UMKM kita,” imbau Gubsu Edy.

Pihaknya mengapresiasi manajemen Gojek yang telah menunjukan kepeduliannya kepada UMKM di Sumut. Ia berharap, sinergi seperti itu harus terus dijaga.

Sementara, Muhammad Ruslan menyatakan, kesepakatan bersama tersebut diharapkan dapat membantu UMKM pada masa pandemi Covid-19.

“Pengembangan UMKM ini kita arahkan pada transformasi digital. Jadi pada masa pandemi ini kita tidak harus bertemu muka. Melalui digital ini, kita bisa lebih berkembang, bisa lebih maju lagi, sehingga Sumatera Utara bisa lebih jadi smart province di Sumatera,” sebutnya. Dra

Komentar

Berita Terkini