|

2020, Target Produksi Cabai Merah Sumut 174.375 Ton

Kepala Dinas TPH Provsu, Ir H Dahler Lubis MMA (seragam coklat) saat mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi dan istri, Hj Nawal Lubis melakukan panen cabai merah di wilayah Deliserdang, beberapa waktu lalu. Foto Fey 
Medan- Produksi cabai merah Sumatera Utara pada tahun 2020 ditargetkan mencapai 174.375 ton dari areal pertanaman seluas 16.947 hektar(ha). 

"Target penambahan luas tanam sekaligus peningkatan produksi cabai merah ini untuk memperkuat surplus yang sudah ada," ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Ir H Dahler Lubis MMA, melalui telepon selulernya, Senin (02/03/2020).

Ia mengklaim, Sumut telah mengalami surplus pada komoditas cabai merah. Tahun 2019, misalnya, produksi cabai merah Sumut mencapai 144.433 ton dari area pertanaman seluas 15.557 ha. Sementara, kata Dahler, kebutuhan konsumsi masyarakat Sumut hanya berkisar 144.030 ton.

"Kalau ketersediaan cabai merah banyak, harga tidak akan bergejolak. Bahkan, seperti juga harapan Bapak Gubernur Edy Rahmayadi, kita bisa mengekspor komoditas cabai merah," tuturnya.

Dahler mengakui, saat ini harga cabai merah masih berfluktuasi, mengingat, hasil panen sebagian petani dijual ke berbagai daerah di luar Sumut. Kendati demikian, pihaknya optimistis, bila angka surplus meningkat, kestabilan harga cabai merah akan terjaga.

Kabid Hortikultura Dinas TPH Provsu, Ir HM Taufik Batubara MSi (dua dari kiri) bersama stafnya saat memberikan penjelasan seputar pertanaman cabai merah di ruang rapat mini Kantor Dinas TPH Provsu, kawasan Jalan AH Nasution Medan, beberapa waktu lalu. Foto Fey
Secara terpisah, Kepala Bidang Hortikultura Dinas TPH Provsu, Ir HM Taufik Batubara MSi, mengakui, peningkatan target tanam berikut produksinya tidak mudah. Apalagi dalam kondisi cuaca ekstrim di wilayah Sumut sejak beberapa bulan terakhir. Namun, pihaknya telah menerapkan sejumlah langkah terpadu dengan melibatkan institusi terkait.

"Kita sudah susun rencana dengan melibatkan berbagai pihak, mulai jadwal tanam, perawatan, hingga panen, termasuk membangun jaringan pemasarannya," ujarnya lantas menambahkan, pemberian bantuan benih berkualitas dan pengawalan selama masa pertanaman juga tetap dilakukan agar petani bisa memeroleh hasil maksimal. 

Pihaknya memperkirakan, penanaman cabai merah mulai berlangsung sekira Maret atau April 2020. Fey
Komentar

Berita Terkini