|

TP-PKK Provsu Monitoring Desa Percontohan di Humbahas

Ketua TP-PKK Kabupaten Humbahas, Lidia Dosmar Banjarnahor bersama rombongan TP-PKK Provinsi Sumatera Utara yang hendak melakukan monitoring desa percontohan, saat memasuki Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Rabu (07/09/2022). Foto Ist

Doloksanggul- Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melaksanakan Monitoring Desa Percontohan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (07/09/2022).

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE, diwakili Kepala PMDP2A, Binsar Marbun SPd MM, yang menyambut kehadiran rombongan di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan dan pembekalan dalam mensinkronkan program pemerintah dengan gerakan PKK sekaligus mempererat silaturahmi antara TP PKK Provsu, TP PKK kabupaten hingga desa.

"Seluruh pemangku kepentingan bersinergi dalam melaksanakan dan membudayakan gerakan PKK untuk kemandirian dan kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Dikemukakan, gerakan PKK ini juga diharapkan menjadi budaya bagi masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan keseriusan dari seluruh pimpinan Organisasi Perangkat daerah (OPD), camat, kepala desa, TP-PKK kabupaten dan jajarannya hingga ke tingkat desa, untuk mengikuti kegiatan monitoring. Diharapkan, hasilnya dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat.

"Kami sangat menyambut baik pelaksanaan monitoring ini dan mengharapkan keberlanjutan pembinaan dari TP PKK Provinsi Sumatera Utara bersama-sama dengan OPD terkait dalam upaya mewujudkan 'Humbanghasundutan yang Hebat dan Bermentalitas Unggul' sesuai visi-misi kabupaten ini," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Kabupaten Humbahas, Lidia Dosmar Banjarnahor, menjelaskan, pihaknya pada Agustus 2022 telah melaksanakan kegiatan monitoring terhadap 10 desa percontohan tingkat kabupaten dan lima desa percontohan tingkat provinsi. Dalam pelaksanaan monitoring dimaksud, OPD sebagai mitra TP PKK desa percontohan telah memberikan bantuan berupa susu untuk bayi stunting, bahan baju batik untuk TP PKK desa serta bibit bunga tabebuyak dan bibit tanaman hias pucuk merah untuk desa percontohan tingkat provinsi.

"Hari ini, sebanyak empat desa percontohan yang akan diperlombakan untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 sudah hadir untuk mengikuti kegiatan monitoring," paparnya.

Kehadiran TP PKK Provsu di Kabupaten Humbahas, kata Lidia, diharapkan dapat memberikan pembinaan dan pembekalan terhadap empat desa percontohan, sehingga mampu bersaing dengan desa percontohan kabupaten lain yang diperlombakan di tingkat provinsi. 

Ketua TP-PKK Kabupaten Humbahas, Lidia Dosmar Banjarnahor memberikan sambutan selamat datang kepada rombongan TP-PKK Provinsi Sumut, di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Rabu (07/09/2022). Foto Ist

Staf Ahli Bidang Program dan SDM TP-PKK Provinsi Sumut, Ruhyat, yan hadir pada kesempatan itu menjelaskan, kegiatan monitoring PKK Tahun 2022 untuk melaksanakan Program Kerja PKK Tahun 2022, khususya kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK). 

Ditambahkannya, sistem koordinasi dan konsultasi terutama kepada para OPD harus tetap terlaksana dengan baik dan berkelanjutan, agar anggaran dan program kerja PKK dapat berlanjut dan berjalan. 

"Ciptakan jaringan kemitraan yang luas kepada mitra PKK yang bersifat tidak mengikat dan rancangan bentuk sistem kemitraan yang kuat dan bermanfaat besar bagi PKK," imbaunya. 

Ia mengingatkan, pentingnya pelaksanaan pembinaan melalui sistem rentang kendali 1-3-6-9-12 terlaksana baik dan sistematis untuk mencapai Kelompok Dasawisma yang maksimal, aktif dan bangga dengan PKK. 

"Jadi lah kader cerdik demi PKK gemilang, karena dihadapan kita telah menumpuk berbagai perubahan berbasis teknologi dan tuntutan kreatifitas juga inovasi dalam berbagai hal,” sebutnya yang hadir mewakili Ketua TP-PKK Sumut, Hj Nawal Lubis. Fey

Komentar

Berita Terkini