|

Ijeck Tertarik Kuljar Dinas TPH Sumut

Ketua DPD Partai Golkar Sumut,, H Musa Rajekshah (mengenakan busana adat Karo), memperlihatkan buah labu menyerupai labu kabocha oranye saat berkunjung ke stan Dinas TPH Sumut di Taman Mejuah-juah Berastagi, Kabupaten Karo, Jumat (02/04/2021). Foto Fey

Berastagi- Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Utara, H Musa Rajekshah, tertarik sistem kultur jaringan dalam perbanyakan benih yang dikembangkan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut. Hal itu terlihat saat berkunjung ke stan Dinas TPH Sumut yang ikut berpartisipasi dalam menyemarakkan kegiatan Rapat kerja Daerah dan Rapat Pimpinan Daerah I Partai Golkar Sumut di Taman Mejuah-juah Berastagi, Kabupaten Karo, Jumat (02/04/2021) sore.

"Ini perlu dikembangkan untuk komoditas tanaman lain agar bisa meningkatkan kesejahteraan petani Sumatera Utara," paparnya dihadapan Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar didampingi Kabid Pangan, Juwaini dan Kepala UPT BIH Gedung Johor, Muddin Dalimunthe. 

Disebutkannya, pemanfaatan teknologi pertanian seperti kultur jaringan, sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu, pihak Dinas TPH Sumut juga harus mengembangkan tanaman yang memiliki peluang ekspor dan bernilai ekonomis.

Pria yang karib disapa Ijeck itu juga memperhatikan beberapa bibit tanaman, seperti durian, mangga, jagung, bawang merah, pisang barangan, bawang putih dan buah labu oranye yang terpajang di stan tersebut. Bahkan, ia sempat memegang buah labu tersebut sembari mempertanyakan asal tanaman tersebut.

"Ini labu menyerupai labu kabocha oranye yang populer di Jepang dan dikembangkan pihak Farm PT Bisi International Berastagi," ujar Bahruddin Siregar menjelaskan labu oranye dimaksud.

Mengenai sistem kuljar, pihak Dinas TPH Sumut telah memiliki laboratorium sendiri di bawah naungan UPT BIH Gedung Johor. Namun, diakuinya, laboratorium kuljar tersebut masih sebatas memperbanyak beberapa benih, diantaranya anggrek dan pisang barangan. 

Saat membuka pameran UMKM dan bazar pasar murah itu sebelumnya, Ijeck berharap, kehadiran Partai Golkar bisa dirasakan masyarakat. 

Ketua Komisi B DPRD Sumut, H Dhodi Thahir, berfoto di depan stan Dinas TPH Sumut, Jumat (02/04/2021). Foto Fey

"Dalam kegiatan yang berlangsung hingga hari Minggu tanggal 4 April 2021 ini, akan ada pembagian bahan pokok secara gratis kepada masyarakat," ujarnya dalam kegiatan yang berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan itu.

Ia juga memberikan alasan pemilihan lokasi kegiatan di Kota Berastagi.

"Kita ingin Partai Golkar dalam kegiatan-kegiatan besar, pindah tempat ke daerah yang memiliki fasilitas dan khusus daerah wisata," sebutnya. MoS


Komentar

Berita Terkini