|

Kampung Tangguh Desa Suka Damai Diresmikan

Plh Bupati Sergai, Faisal Hasrimy melepaskan ribuan bibit ikan nila di kolam warga usai meresmikan Kampung Tangguh Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban, Sergai, Kamis (18/02/2021). Foto Ist 

Sei Bamban- Plh Bupati Serdangbedagai (Sergai), HM Faisal Hasrimy AP MAP bersama Kapolres, AKBP Robin Simatupang SH MHum meresmikan Kampung Tangguh di Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban, Kamis (18/02/2021).

"Terima kasih kepada Kapolres Serdangbedagai yang telah peduli terhadap proses penanganan Covid-19, salah satunya melalui pembentukan Kampung Tangguh ini," papar Faisal Hasrimy.

Selain untuk penanganan Covid-19, lanjutnya, Kampung Tangguh juga diproyeksikan mampu membangun desa yang mandiri, responsif dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada para kepala desa untuk menganggarkan dana penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

"Kita juga telah mengingatkan rekan rekan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah untuk membuat inovasi yang mampu memajukan Kabupaten Serdangbedagai, terutama di masa genting seperti sekarang," tegasnya.

Hal senada dikemukakan AKBP Robin Simatupang. Menurutnya, tujuan pendirian Kampung Tangguh untuk membentuk masyarakat yang mandiri baik secara ekonomi, sosial dan kesehatan, terutama dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Nantinya, seluruh Kampung Tangguh akan dipertandingkan di tingkat provinsi dan nasional. 

"Kabupaten Sergai meraih peringkat pertama pada tahun 2020 untuk tingkat Provinsi lewat Kampung Tangguh di Desa Bingkat," paparnya.

Ia menambahkan, Dana Desa dapat digunakan dalam mekanisme pembentukan Kampung Tangguh. Namun prosesnya harus transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berdasarkan pengamatan, kegiatan diakhiri dengan menaburkan benih ikan nila di lokasi kolam milik masyarakat. Sebelumnya, diresmikan Kampung Tangguh di Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah. Tampak hadir, salah satunya Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hj Nina Deliana SSos MSi. Ali

Komentar

Berita Terkini