|

725 Peserta Ikut MTQ ke-52 Asahan

Bupati Asahan, H Surya BSc, didampingi sejumlah unsur Forkopimda, menekan bel sebagai pertanda pembukaan MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Asahan di Gedung Tahfidz Masjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran, Senin (15/02/2021). Foto Ist

Kisaran- Sebanyak 725 peserta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Asahan mengikuti MTQ ke-52 di Gedung Tahfidz Masjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran, Senin (15/02/2021).

"Seluruh peserta harus menampilkan kemampuan terbaiknya, sehingga MTQ ke-52 ini bisa menghasilkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan untuk ikut seleksi pada even tingkat provinsi," harap Bupati Asahan, H Surya BSc, saat membuka secara resmi pelaksanaan MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Asahan.

Ia mengaku gembira melihat antusiasme masyarakat saat digelar MTQ tingkat desa/kelurahan dan kecamatan sebelumnya. Menurutnya, pelaksanaan MTQ mampu menyuguhkan nuansa religius dan pesona budaya keagamaan. 

"Seluruh masyarakat dapat merasakan bahwa MTQ bukan sekadar kegiatan keagamaan, tetapi juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial kemasyarakatan," paparnya lantas mengingatkan para peserta untuk terus meningkatkan kemampuannya sebagai generasi Qur'ani di masa mendatang.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana yang juga Pj Sekdakab, John Hardi Nasution, melaporkan, dasar pelaksanaan MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Asahan berdasarkan SK Bupati No: 11.4-BAG.KESRA/2021 tanggal 27 Januari tahun 2021 tentang pembentukan panitia dan penyelenggaraan MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Asahan. Dikemukakannya, kegiatan MTQ berlangsung 15-19 Februari 2021 dengan peserta sebanyak 725 orang dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

Nantinya, para peserta mengikuti cabang Tilawah Al-Qur'an di mimbar utama dengan kategori perlombaan, golongan Dewasa Putra/Putri (49 orang), golongan remaja Putra/Putri (50 orang), golongan anak-anak Putra/Putri (50 orang) dan golongan tartil Putra/Putri (50 orang). Kemudian cabang Hifzil Qur'an untuk kategori golongan 1 dan 5 juz bertempat di Masjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran, golongan 10, 20, 30 juz di ruang sekretariat LASQI dengan kategori golongan 1 juz. Untuk cabang Tilawah putra/putri diikuti 49 peserta, golongan 5 juz dan tilawah Putra/Putri (46 orang), golongan 10 juz putra/putri (33 orang), golongan 20 juz putra/putri (9 orang) dan golongan 30 juz putra/putri (6 orang). 

Khusus cabang Khattil Qur'an, John Hardi menyatakan, berlokasi di SMP Negeri 2 Kisaran dengan kategori golongan naskah putra/putri (43 orang), golongan dekorasi putra/putri (38 orang) dan golongan hiasan mushaf putra/putri (44 orang). Di cabang Fahmil Qur'an yang berlokasi di SMP Negeri 2 Kisaran, dengan katagori cabang Putra/Putri (129 orang) serta cabang Syahril Qur'an bertempat di Alun-alun Rambate Rata Raya Kisaran dengan kategori putra/putri (129 orang).

"Para peserta lomba terbaik MTQ akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan dan hadiah berupa piagam, trophy dan uang tunai," tutur Jhon Hardi.

Tampak hadir, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, H Baharuddin Harahap, dan unsur Forkopimda Kabupaten Asahan, sejumlah pimpinan OPD, Ketua TP PKK Asahan, Camat dan Lurah se-Kabupaten Asahan, serta para peserta dan masyarakat umum. DP

Komentar

Berita Terkini