|

2022, Pemko Siantar Fokus Empat Pembangunan

Kegiatan Konsultasi Publik RKPD Kota Siantar Tahun 2021 di Ruang Serbaguna Kantor Bapeda Siantar, Rabu (10/02/2021). Foto Ist

Siantar- Pemko Pematangsiantar memfokuskan empat pembangunan pada tahun 2022. Hal itu terungkap dalam Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Ruang Serbaguna Kantor Bappeda Siantar, Rabu (10/02/2021).

Pj Sekdako Siantar, Hendra Dermawan Siregar SSTP MSP, menjelaskan, keempat fokus dimaksud adalah pemulihan ekonomi, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, pembangunan sumber daya manusia, serta pembangunan infrastruktur dan lingkungan hidup. Menurutnya, empat fokus pembangunan daerah tersebut merupakan bagian dari sinergisitas pencapaian prioritas nasional, prioritas Provinsi Sumatera Utara, dan arahan prioritas pembangunan kabupaten/kota se-Sumatera Utara. 

"Untuk mencapai fokus pembangunan itu dibutuhkan dukungan masyarakat, dunia usaha, perguruan tinggi, dan elemen lainnya," tuturnya.

Ia mengklaim, dokumen RKPD ini memiliki kedudukan strategis dalam konteks pembangunan Kota Siantar sekaligus menjadi acuan dalam penyusunan APBD tahun 2022. Untuk itu, penyusunan RKPD dilakukan dengan penguatan pelaksanaan kebijakan money follow program priority dan priority follow outcome. 

"Kebijakan alokasi perencanaan dan penganggaran disusun berbasis pada program prioritas kota yang selaras dengan prioritas provinsi dan nasional, serta memiliki dampak hasil yang nyata bagi masyarakat," paparnya.

Ia mengemukakan, proses penguatan kebijakan tersebut dilaksanakan melalui pendekatan tematik, holistik, integratif, dan spesial, yang memprasyaratkan sinergisitas dan kolaborasi antar organisasi perangkat daerah.

Pembangunan, kata Hendra, pada dasarnya merupakan proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik. Hal ini sesuai Undang-Undang (UU) No 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek, politis, teknokratis dan aspiratif.

"Melalui Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2022 ini dapat mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat yang akan dipadu-serasikan dengan kebijakan dan program pembangunan pemerintah dan analisis para teknokrat di berbagai bidang pembangunan," tuturnya.

Hendra mengingatkan, hal terpenting dalam pelaksanaannya adalah sinkronisasi dan sinergitas antar/inter program pembangunan yang kemudian diharapkan akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah serta menjawab permasalahan dan kebutuhan mendesak di tahun 2022. Elis



Komentar

Berita Terkini