|

Di Sumut, 11 Kabupaten Potensial Kembangkan Pertanian

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat memberikan keterangan di Medan, Selasa (15/09/2020). Foto Ist
Medan- Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Wiwiek Sisto Widayat, menyatakan, sebanyak 11 kabupaten potensial untuk pengembangan pertanian dan turunannya.

"Sektor pertanian memiliki risiko rendah dalam penularan Covid-19, sehingga tetap bisa mendorong pertumbuhan ekonom Sumatera Utara," paparnya di Medan, Selasa (15/09/2020).

Ia menjelaskan, sebanyak 11 kabupaten dimaksud yakni Langkat, Deliserdang, Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Padanglawas Utara, Padanglawas, Tapanuli Selatan, Samosir, Mandailing Natal dan Nias Selatan. Pihaknya berencana mengembangkan produk pertanian sesuai dengan potensi daerah masing-masing. 

"Di Kabupaten Langkat, Deliserdang dan Mandailing Natal, misalnya, bisa ditanam padi. Untuk peternakan ayam dan kambing juga bisa dikembangkan di Deliserdang dan peternakan sapi di wilayah Langkat atau pun Ashan," tuturnya.

Selain pertanian dan peternakan, pihak BI juga mendorong pengembangan industri pengolahan hasil di 13 kabupaten/kota. Pada kesempatan itu, Wiwiek mengemukakan, dari sisi pembiayaan, lanjutnya, sektor pertanian mendapat porsi tinggi dari pihak perbankan.

“Jadi ini mengindikasikan jika perbankan memang melihat sektor ini cukup menjanjikan, sehingga NPLnya diyakini tidak akan tinggi,” tandasnya. Van

Komentar

Berita Terkini