|

Pandeglang Operasikan Mal Pelayanan Publik

Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, memuji terobosan Pemkab Pandeglang, Provinsi Banten yang mendirikan Mal Pelayanan Publik, usai acara peresmian, Senin (31/08/2020). Foto Ist 
Pandeglang- Kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) yang didirikan Pemkab Pandeglang, Provinsi Banten, disambut positif pihak Ombudsman RI Perwakilan Banten. Apalagi, merupakan institusi satu-satunya di wilayah Provinsi Banten.

“Dengan hadirnya Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Pandeglang, diharapkan kualitas pelayanan publik semakin meningkat signifikan dan mudah di akses oleh seluruh masyarakat Pandeglang yang membutuhkan pelayanan," ungkap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten, Dedy Irsan usai menghadiri peresmian mal tersebut, Senin (31/08/2020). 

Pihaknya berharap, kabupaten/kota lain di wilayah Provinsi Banten bisa mengikuti terobosan yang dilakukan Pemkab Banten tersebut. Hal ini mengingat, kehadiran MPP berpotensi meningkatkan kualitas pelayanan publik, sekaligus mengurangi potensi adanya mal-administrasi.

“Kehadiran MPP dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah secara signifikan serta memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, baik itu untuk kemudahan pelayanan administrasi kependudukan serta berbagai macam perijinan yang tersedia," sebutnya.

Sebelumnya, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, menjelaskan, APBD minim yang dimiliki kabupaten itu dibanding daerah di wilayah Provinsi Banten, tidak menghalangi niat untuk memberikan pelayanan publik terbaik untuk masyarakat.

"Dibanding daerah lain di Provinsi Banten, APBD Kabupaten Pandeglang merupakan yang terkecil. Tapi kami tetap ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tegasnya.

Ia mengemukakan, saat ini MPP Pandeglang menyediakan 23 konter untuk 233 jenis pelayanan, mulai dari kependudukan, imigrasi, PDAM, PLN, KPP Pratama, Kemenag, Pos, BRI, Taspen dan lainnya.

Pernyataan itu menuai pujian dari Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, yang turut hadir pada peresmian MPP itu.

"Semoga bisa mendorong daerah lain untuk segera mendirikan MPP di daerahnya masing-masing," tandasnya. Fey

Komentar

Berita Terkini