|

Kaldera Supervolcano Toba Ikon Internasional

Sekda Provsu, Hj R Sabrina saat mengikuti seminar The Window of the Earth, Erupsi Super Volcano Kaldera Toba dan Implikasinya melalui video conference webinar part 1 di Lantai 6 Kantor Gubsu kawasan Jalan Diponegoro Medan, Senin (18/05/2020). Foto Ist 
Medan- Peneliti Kaldera Toba Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) Toba Institut Teknologi Medan (ITM), Indyo Pratomo, menyatakan Kaldera Supervolcano Toba dan fenomena pasca erupsinya merupakan ikon internasional untuk model erupsi supervolcano. 

"Bentang alam struktur geologi dan variasi jenis batuan yang terdapat di kawasan Danau Toba mencerminkan rekam jejak dinamika bumi dan jejak proses geologi lainnya," paparnya dalam seminar The Window of the Earth, Erupsi ‘Super Volcano’ Kaldera Toba dan Implikasinya yang diprakarsai pihak HMTG ITM melalui video conference webinar part 1 di Lantai 6 Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (18/05/2020).

Dihadapan Sekda Provsu, Hj R Sabrina dan puluhan peserta seminar, Indyo mengemukakan, Sumatera merupakan jalur cincin api yang membentuk gunung api dengan posisi mengitari hingga Pulau Jawa, Sulawesi, Filipina dan seterusnya. Dari gunung api tersebut, lanjutnya, di Sumut terdapat Danau Toba yang merupakan satu di antara tiga volcanic eruptions (letusan gunung berapi) terbesar di dunia, selain Tambora dan Samalas.

"Selain menjadi ikon internasional untuk model erupsi supervolcano, dimensi geometri Kaldera Toba dan proses pembentukannya mampu menyingkap batuan dasar Pulau Sumatera yang berumur paleozoikum (zaman purba) seperti ‘Jendela Bumi’," sebutnya.

Bahkan, Indyo menilai, Kaldera Toba layak sebagai Museum Alam dan Laboratorium Alam Kaldera berkelas internasional.

Sementara, Sekda Provsu, Hj R Sabrina, menyambut positif penyelenggaraan seminar tersebut karena bisa menjadi referensi baru untuk mengenal lebih lanjut Danau Toba.

“Seminar ini bisa menjadi ‘jendela’ bagi kita tentang Danau Toba. Kami sangat menghargai dan mengucapkan terima kasih,” tuturnya.

Sabrina berharap, dalam pembahasan selanjutnya dapat ditemukan implikasi untuk pemerintah yang berguna bagi masyarakat dalam hal pengambilan kebijakan ekonomi dan sebagainya untuk kemakmuran masyarakat Sumut. Implikasi penelitian itu diantaranya yakni tanaman yang cocok untuk para petani di seputaran Danau Toba. Sabrina juga mengharapkan adanya implikasi terhadap geo wisata untuk meningkatkan pariwisata di Sumut. Hen

Komentar

Berita Terkini