|

Gempa 4,5 SR "Goyang" Nias Selatan


Nias- Gempa bumi berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR) menggoyang wilayah Nias Selatan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (27/8/2019) sekira pukul 14.00 WIB. Episentrum gempa terdeteksi di koordinat 0.74 LU dan 98.12 BT, tepatnya di laut 38 km Timur Laut Nias Selatan.

"Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa akibat gempa. Namun, ribuan warga Nias Selatan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri," ujar Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan melalui telepon selulernya.

Ia menyatakan, wilayah Nias Selatan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumut yang sering dilanda gempa, bahkan pernah terkena tsunami pada tahun 2004.

"Kedalaman gempa kali ini berkisar tujuh kilometer dan masuk dalam kategori gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi antara Lempeng Indo Australia dengan Lempeng Eurasia yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempa bumi," paparnya.

Edison menambahkan, gempa yang terjadi tidak menimbulkan tsunami karena kekuatannya tidak besar untuk membangkitkan perubahan yang dapat memicu terjadinya tsunami.

"Kita berharap masyarakat tidak panik pasca-gempa ini," tandasnya. Yohana Zira

Komentar

Berita Terkini