|

Puskesmas Pangkalan Budiman segera Direhab

Teks Foto: Wabup Sergai, H Darma Wijaya SE berdialog dengan Kadis Kesehatan, dr Bulan Simanungkalit di halaman Puskesmas Pangkalan Budiman, Kecamatan Sei Rampah, Selasa (9/7/2019). Teks Foto: Ali Amran

Sei Rampah- Rencana rehabilitasi Puskesmas Pangkalan Budiman, Sei Rampah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara bakal segera dilaksanakan. Kepastian itu diperoleh setelah Wakil Bupati (Wabup) H Darma Wijaya SE meninjau keberadaan puskesmas tersebut, Selasa (9/7/2019).
"Negara wajib dalam upaya menjamin kesehatan masyarakat melalui perbaikan infrastruktur pendukung kesehatan masyarakat," ungkapnya di sela-sela kunjungan tersebut.

Pada kesempatan itu, Wabup menyayangkan sikap masyarakat yang masih menganggap rendah pelayanan puskesmas. "Kalau ada duit, berobatnya keluar Serdangbedagai. Tapi setelah tidak ada lagi duit, dibawa berobat di Serdangbedagai," ujarnya.

Ironisnya, kata Wabup, rumah sakit umum atau pun puskesmas kerap dituding tidak becus dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Padahal, ia mengklaim, pelayanan dan hasil diagnosis rumah sakit atau pun puskesmas di Kabupaten Sergai, tidak berbeda jauh dari yang diluar daerah.

"Diharapkan, rehabilitasi Puskesmas Pangkalan Budiman ini mampu meyakinkan masyarakat melalui kinerja yang prima dan total sebagai bentuk hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat. Tentu semua ini sangat membutuhkan kerjasama dengan seluruh unsur masyarakat," urainya.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit MKes melaporkan, rencana rehabilitasi puskesmas berdasarkan usulan para tokoh masyarakat setempat. Setelah dilakukan pengkajian, Puskesmas Pangkalan Budiman sangat tidak representatif untuk pelayanan kesehatan.

"Puskesmas bukan hanya untuk masyarakat sakit tapi juga bagi yang sehat melalui penyediaan fasilitas kesehatan tingkat pertama," tukasnya.

Seorang tokoh masyarakat Sei Rampah, Ustad Kisai Dalimunthe, menyambut positif rencana rehabilitasi Puskesmas Pangkalan Budiman. "Semoga rehabilitasi puskesmas bisa membuat masyarakat semakin dapat terlayani, lebih baik dari sisi pelayanan dan kualitasnya," sebutnya. AA
Komentar

Berita Terkini