|

Berbagi Takjil, 'Bukber' ala Dinas Ketapang TPH Sumut

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, H Sutarman (busana serba putih), bersama belasan stafnya, membagikan kue kotak kepada pengendara yang melintas di depan Kantor Dinas Ketapang TPH Sumut, Jalan AH Nasution No 6 Medan, Kamis (04/04/2024) petang. Foto Ist

   Medan – Para punggawa yang bertugas di Bidang Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumatera Utara memiliki cara sendiri untuk berbagi di bulan Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi. Memanfaatkan momen ‘buka puasa bersama’ (bukber), belasan personilnya membagikan takjil berupa kue kotak kepada pengendara yang melintas di depan kantor dinas tersebut, Jalan AH Nasution No 6 Medan, Kamis (04/04/2024) petang.

    “Sebelum buka puasa bersama di teras Masjid Al Azhar Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, kita bagikan 100 kue kotak kepada para pengguna jalan yang melintas di tempat ini,” papar Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, H Sutarman, yang langsung memimpin pembagian takjil tersebut.

    Ia mengemukakan, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama manusia yang tidak memiliki kesempatan untuk berbuka puasa karena masih berada dalam perjalanan. 

  “Kita hanya memanfaatkan momen buka puasa bersama untuk ikut berbagi kepada sesama umat muslim yang masih berada di perjalanan saat tiba waktu berbuka puasa,” ujarnya yang saat itu didampingi tiga Sub-Koordinator di Bidang Penyuluhan, masing-masing, Fredy Amrin Siregar, M Syafnurdin Asroi dan Gustina Roma Siregar.

    Salah seorang penerima takjil, Mulawarman, mengaku sangat terbantu dengan aksi sosial tersebut. 

    “Alhamdulillah kue beserta air mineral ini bisa membatalkan puasa sebelum sampai ke rumah,” tutur warga kawasan Jalan Jermal VII Kecamatan Medan Denai ini.

Sejumlah personil Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, menanti waktu berbuka di teras Masid A Azhar, Kantor dinas Ketapang TPH Sumut, jalan AH Nasution No 6 Medan, Kamis (04/04/2024) petang. Foto Ist

    Sementara, Syafnurdin Asroi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al Azhar Dinas Ketapang TPH Sumut, mengakui, momen buka puasa bersama yang diwarnai pembagian takjil baru berlangsung pada Ramadan tahun ini. Tahun-tahum sebelumnya, para peserta buka puasa bersama hanya menyediakan menu berbuka untuk peserta yang datang ke Masjid Al Azhar.

    “Ini merupakan gebrakan baru yang dilakukan rekan-rekan di Bidang Penyuluhan dan juga diikuti Bidang lain di lingkup Dinas Ketapang TPH Sumatera Utara,” sebutnya.

    Berdasarkan pengamatan, kegiatan pembagian takjil yang berlangsung mulai pukul 17.45 WIB itu berakhir sekira pukul 18.00 WIB. Usai pembagian takjil, belasan personil Bidang Penyuluhan berkumpul di teras Masjid Al Azhar menanti waktu berbuka puasa, sebelum melaksanakan sholat Maghrib, Isya dan dilanjutkan Sholat Tarawih secara berjamaah. 

    Ustad Pamonaran Siregar dalam tausyiah singkatnya menjelang sholat Tarawih juga menyinggung indahnya menebar kebaikan, terlebih saat bulan Ramadan. 

    “Berbagi kepada sesama itu sangat indah, apalagi saat bulan Ramadan karena diganjar pahala berlipat ganda,” tuturnya dalam tausyiah bertajuk ‘Menggapai Kemuliaan dengan Berbakti Kepada Orang Tua’.

    Pada kesempatan itu, Ustad Pamonaran Siregar mencontohkan Uwaish Al Qorni yang hidup di Yaman di masa Rasulullah SAW. Kepatuhannya terhadap sang bunda, hingga menggendong ibunya sejauh 400 kilometer untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah Al Mukarromah, telah membuatnya menjadi ‘Ahli Surga’.

    “Uwaish Al Qorni memang tidak dikenal di bumi, tapi namanya sangat familiar di kalangan malaikat penghuni langit,” tandasnya di akhir tausyiah. Fey

Momen buka puasa bersama dimanfaatkan setiap personil Bidang Penyuluhan untuk mempererat silaturahmi. Foto Ist 


Komentar

Berita Terkini