|

Belanja dengan Bijak!

Pj Gubsu Hassanudin didamppingi sejulah pimpinan OPD meninjau Pasar Sei Sikambing, Kamis (04/04/2024). Foto Ist

   Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin memastikan, pemerintah menjamin ketersedian bahan pokok menjelang Idulfitri 1445 H. 

    "Masyarakat jangan panik dan tetap tenang, belanjalah dengan bijak, dan sesuai kebutuhan," imbau Hassanudin usai meninjau dan berbicara langsung dengan para pedagang terkait harga dan ketersedian bahan pokok di Pasar Sei Sikambing Jalan Gatoto Subroto Medan, Kamis (04/04/2024).

    Berdasarkan keterangan para pedagang, lanjutnya, harga bahan pokokseperti beras, minyak makan, bawang putih, cabai merah, ayam potong dan daging sapi, masih relatif stabil, karena pasokan cukup. Kendati demikian, sejjumlah komoditas memerlukan pengendalian, seperti telur ayam dan bawang merah, karena pasokannya dari luar Sumut.

    Ia memerkirakan, terjadi peningkatan menjelang Lebaran, sehingga berharap para pedagang tidak menaikkan harga jual secara berlebihan, karena pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi masyarakat.

    Sebelumnya, Pj Gubernur Hassanudin bersama Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut, Arif Mandu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, IGP Wira Kusuma, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumut, Agus Tripriyono, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Sumut, Mulyadi Simatupang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Rajali, Kepala Biro Perekonomian Sumut, Poppy Marulita, berdialog dengan para pedagang.

    Pada kesempatan itu, pemilik Toko Sembako Agam WD, Julham, mengaku ketersedian beras, gula, minyak makan cukup dan harga masih stabil, karena adanya panen raya dan barang tersedia. 

    “Untuk harga beras stabil karena panen raya, saya menjual yang premium perkilonya Rp14.000. Telur yang naik sedikit, karena permintaan banyak dan stoknya masih terbatas,” ungkapnya.

    Pedagang lainnya, Iyanta br Tarigan mengatakan, ketersediaan cabai merah, bawang merah, bawang putih masih mencukupi dan harga masih tetap stabil. 

    “Harga masih stabil untuk cabai merah perkilo Rp 40.000, bawang putih Rp40.000. Harganya masih sama dengan hari yang lain, dan belum naik, cuma bawang merah yang tidak stabil, karena pasokan dari Brebes terbatas, hanya dipasok dari Pulau Samosir,” sebutnya.

    Begitu juga harga daging sapi masih stabil di harga Rp130.000 per kg dan ayam potong Rp34.000 per kg dari sebelumnya Rp40.000 per kg. Fey


Komentar

Berita Terkini