|

PC NU Kabupaten Langkat Dilantik

Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin, bersama kader NU, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Stabat | Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Langkat masa khidmat 2022-2027 resmi dilantik di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, kawasan Kota Stabat, Rabu (01/03/2023). 

Pelantikan tersebut dihadiri Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH, Wagubsu Musa Rajeksah, Waketum PB NU Prof Dr H Nizar Ali M Ag, Ketua PWNU Sumut H Marhalim Harahap, para pengurus NU dan undangan lainnya. 

Ketua Panitia Ismail Marzuki menyampaikan, acara ini terlaksana  dengan baik berkat bantuan dari Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH. "Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak H Syah Afandin SH serta kepada teman-teman panitia sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar," ujar Ismail Marzuki. 

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH dalam sambutanya mengucapkan salam hormat  kepada  Wakil Ketua Umum PB NU, Prof Dr H Nizar Ali M Ag yang datang dari Jakarta untuk menghadiri kegiatan ini. Selamat datang kepada Mukhtasar PW NU Sumut yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajeksha, Ketua PW NU Sumut H Marhalim Harahap dan seluruh pengurus PWNU Sumut dan Pengurus PC NU Kabupaten Langkat serta undangan lainnya. 

"Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan selamat datang Wakil Ketua Umum PBNU Prof Dr H Nizar Ali M Ag. Kami yakin dengan kehadiran Bapak akan memberi semangat bagi elemen kepemudaan Kabupaten Langkat untuk memberikan sumbangsih positif bagi pembangunan daerah. Kita juga berharap, keberadaan kepengurusan Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat dapat melahirkan cendekiawan muda yang siap untuk berwirausaha sekaligus bersama membangun daerah dan bangsa untuk kebaikan di tengah umat," ujar Afandin. 

Lebih lanjut dikatakan, sesuai visi dan misi yang diusung, Pemkab Langkat menjadikan negeri bertuah ini maju sejahtera dan religius. Oleh sebab itu, peran Nahdlatul Ulama sangat dibutuhkan bersama dengan komponen organisasi lainnya untuk memberikan sumbangsih lewat kemampuan yang dimiliki serta kemampuan dalam membaca keinginan umat. 

Ketua PC NU Langkat terpilih, H Zulfan Efendi S Ag M Si mngucapkan ribuan terimakasih atas kehadiran Wakil Ketum PB NU Prof Dr H Nizar Ali M Si yang datang dari Jakarta. Ia menyatakan, kehadiran Nahdlatul Ulama di Kabupaten Langkat memiliki sejarah yang cukup panjang bagi kelanjutan berbangsa dan bernegara, terutama bagi masyarakat, khususnya warga NU di Langkat. Tercatat sekitar tahun 1980-an hingga tahun 1990-an  Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat memiliki warga NU terbesar di Sumatera Utara. 

"Secara kultural Kabupaten Langkat menjadi salah satu kiblat NU di Sumatera Utara karena sangat identik dengan cara dan warna gerakan nahdliyah. Kehadiran Kampung Babussalam sebagai basis ritual yang sudah mendunia sangat dekat dengan ajaran-ajaran NU terutama dengan terikatnya kehadiran pondok pesantren terutama salafi yang masih konsisten dengan kitab kuningnya. Demikian juga dengan visi dan misi Bupati Langkat untuk menjadikan Langkat sebagai kota religius menjadikan salah satu pemicu bagi kami untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu, sehingga Nahdlatul Ulama di Kabupaten Langkat semakin nyata adanya," tambahnya. 

Sementara, Ketua PW NU Sumut, H Marhalim Harahap, berharap para pengurus yang baru dilantik semakin solid dalam mengemban amanah. 

Sementara, Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajeksha memberi apresiasi kepada organisasi NU Kabupaten Langkat yang tetap solid menjaga kekeluargaan dan kebersamaan terhadap sesama anggotanya. 

"Kita tak bisa bergerak tanpa ada kebersamaan dan kekompakan dengan jajaran pengurus. Begitu juga sebaliknya, kita tak akan bisa bergerak tanpa ada anggota sampai dengan pengurusan tingkat ranting," ujar pria yang akrab disapa Ijeck ini. Bewe

Komentar

Berita Terkini