|

Penyuluh Sumut Rumuskan Rencana Kerja Tahun 2023

Para peserta Rapat Finalisasi Penyusunan Programa Penyuluhan Sumut Tahun 2023 foto bersama di Aula UPT PSB Dinas TPH Sumut, Selasa (15/11/2022). Foto Ist
Medan | Para personil penyuluh pertanian, perkebunan dan peternakan dari 33 kabupaten/kota di Sumut merumuskan rencana kerja untuk tahun 2023 di Aula Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengawasan Sertifikasi Benih Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Selasa (15/11/2022).

Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Penyuluhan, Sutarman, menyatakan, rencana kerja teramat penting dirumuskan agar bisa menjadi pedoman dalam melakukan kegiatan penyuluhan. Apalagi, peran tenaga penyuluh sangat penting dalam menyukseskan pembangunan pertanian.

“Dalam bertugas, para penyuluh mendampingi para petani agar bisa meningkatkan hasil panen dan pada akhirnya akan mampu menyejahterakan keluarga petani,” paparnya saat membuka kegiatan ‘Rapat Finalisasi Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian tahun 2023.

Ia menegaskan, pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian di masing-masing daerah harus sesuai dengan programa penyuluhan yang telah disepakati dan ditetapkan bersama. Hal ini mengingat, muatan dalam programa penyuluhan merupakan rencana kegiatan dengan memadukan aspirasi petani, nelayan dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah dan program pembangunan pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang hendak dicapai, masalah dan alternatif pemecahannya serta cara mencapai tujuan yang disusun secara partisipatif, sistematis dan tertulis setiap tahun.

“Programa Penyuluhan Pertanian yang disusun tetap memperhatikan keterpaduan dan kesinergian, mulai tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional, sehingga mampu merespon kebutuhan petani sekaligus juga mendukung program prioritas pemerintah,” sebutnya.

Kabid Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Sutarman, mewakili Plt Kadis TPH Sumut, membuka kegiatan Rapat Finalisasi Penyusunan Programa Penyuluhan Sumut Tahun 2023 di Aula UPT PSB Dinas TPH Sumut, Selasa (15/11/2022). Foto Ist
Sebelumnya, Ketua panitia kegiatan, Gustina Roma Siregar, melaporkan, sebanyak 50 peserta mengikuti pertemuan yang berlangsung selama satu hari. Dijelaskannya, para peserta berasal dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dinas Perkebunan, dinas pertanian kabupatrn/kota yang menangani fungsi penyuluhan, pihak Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, Kepala Bidang dan Kepala UPT di jajaran Dinas TPH Sumut, Kepala Seksi dan staf Bidang Penyuluhan Dinas TPH Sumut, serta Koordinator Jabatan Fungsional Dinas TPH Sumut.

“Acara ini juga menghadirkan nara sumber dari Polbangtan Medan dan pihak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Medan,” ujar Gustina Roma. Fey

Komentar

Berita Terkini