|

Pemkab Humbahas Peduli Pendidikan

Bupati Dosmar Banjarnahor SE disambut tarian saat hadir di Aula Huta Mas Doloksanggul untuk menghadiri kegiatan seminar nasional pendidikan yang digelar pihak MKKS Humbang Hasundutan, Selasa (22/11/2022). Foto Ist
Doloksanggul | Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan melakukan beragam upaya. Salah satunya, memberikan beasiswa kepada para pelajar yang mampu lolos di perguruan tinggi negeri berakreditasi A.

“Beasiswa itu sebagai salah satu upaya Pemkab Humbang Hasundutan meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat,” papar Bupati Dosmar Banjarnahor SE, saat membuka Seminar Pendidikan Nasional di Aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (22/11/2022).

Diakuinya, kepala sekolah dan tenaga pengajar turut berkontribusi dalam upaya mencerdaskan generasi muda. Untuk itu, seminar nasional yang dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para guru sangat dibutuhkan. 

“Seminar ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi para guru dalam menghadapi era revolusi induatro 4.0 dan impelementasi Kurikulum Merdeka tahun 2023,” ujar Bupati Dosmar.

Ia mengklaim, sejak beberapa bulan terakhir, pihak Pemkab Humbahas gencar menerapkan metode Gasing (Gampang asyik menyenangkan, red),  untuk pembelajaran matematika di sejumlah sekolah tingkat Pendidikan Anak Usia Dini, SD dan SMP. Bahkan, sebanyak tujuh kabupaten/kota telah menyatakan minatnya terhadap metode Gasing.

“Ini juga salah satu bukti Pemkab Humbang Hasundutan peduli terhadap kualitas pendidikan generasi muda,” tutur Bupati Dosmar.

Sebelumnya, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SLB Humbahas, Panutur Simorangkir, melaporkan, kegiatan diikuti seluruh guru tingkat SMA/SLB, termasuk sebagian guru SMK di wilayah Kabupaten Humbahas dan Tapanuli Utara.

Dikemukakannya, ada beberapa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, diantaranya untuk meningkatkan motivasi guru dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2023. Selain itu, guru akan memiliki karakteristik kritis dalam konten dan pengalaman pembelajaran untuk menerapkan pendidikan 4.0, meliputi kemampuan berinovasi, kreatif, interpersonal dan teknologi informasi.

“Dalam seminar pendidikan ini, para peserta akan diajak memahami Kurikilum Merdeka yang diterapkan pada tahun 2023,” sebutnya.

Berdasarkan pengamatan, motivator nasional Saut Sitompul MSi dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumut di Humbahas, Drs Alfred H Silalahi MSI, tampil sebagai nara sumber. Tampak hadir mendampingi Bupati Dosmar, Asisten Administrasi Umum Setdakab Humbahas, Janter Sinaga. Fey

Komentar

Berita Terkini