|

Sereh-Lemon 'Mau', Sehat dan Menyegarkan

Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini (kemeja hitam), didampingi Kepala UPT PTPH Sumut, Marino, memperlihatkan minuman Sereh-Lemon berlabel 'Mau' yang diproduksi Maulida Lubis (jilbab coklat), di depan stan UPT Benih Induk Tanaman Hias dan Biofarmaka, Jumat (21/10/2022) siang. Foto Fey  
Medan- Jeli menangkap peluang bisnis. Ungkapan itu layak disematkan kepada Maulida Lubis. 

Bekerja sebagai Kasubbag Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis (UPT) Benih Induk Tanaman Hias dan Biofarmaka lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Hotiikultura (TPH) Sumut, ia mengemas minuman Sereh-Lemon yang diketahui masyarakat luas, dalam botol plastik berukuran sedang. Tujuannya agar masyarakat bisa lebih.mudah mengonsumsi minuman sehat tersebut tanpa harus meraciknya terlebih dahulu.

“Sebenarnya masyarakat sudah banyak tahu khasiat minuman campuran sereh dan jeruk lemon untuk kesehatan tubuh, tapi masih sedikiit yang meramunya menjadi produk  siap minum,” ungkap Maulida saat ditemui di lokasi Festival benih dan Buah Unggul Lokal tahun 2022 di halaman Kantor Dinas TPH Sumut, Jalan AH Nasution No 6 Medan.

Peluang itu yang kemudian dimanfaatkannya, bukan sekadar berorientasi bisnis, lebih dari itu, ingin ikut andil dalam mempromosikan khasiat tanaman herbal untuk kesehatan. Hal itu sesuai dengan tugas pokok dan fungsi institusi tempatnya bekerja yang berrkutat di tanaman biofarmaka.

“Setelah belajar cara untuk membuat racikan minuman sereh lemon ini dari berbagai sumber, akhirnya saya beranikan diri untuk membuatnya dengan memanfaatkan wadah botol plastik berlabel MaU yang merupakan kependekan nama saya,” urainya.

Kabid Sarana Prasarana Dinas TPH Sumut, Jonni Akim Purba (dua dari kiri) bersama sejumlah pengunjung stan UPT Benih Induk Tanaman Hias dan Biofarmaka menikmati kesegaran minuman Sereh-Lemon 'Mau' yang diproduksi Maulida Lubis, Jumat (21/10/2022). Foto Fey
Berawal dari rekan-rekan sejawat dan koleganya, termasuk kerabat serta jiran tetangga, minuman Sereh-Lemon mulai disukai. Sebotol minuman Sereh-Lemon yang dibanderol Rp10.000, baik dingin maupun tidak, dinilai konsumen masih terjangkau bila dibandingkan khasiatnya. Apalagi, cara membuat minuman Sereh-Lemon cukup mudah dan praktis karena bahan bakunya mudah diperoleh.

“Cara membuatnya mudah, cukup geprek sereh yang sudah dicuci bersih sampai hancur dan tambahkan air putih perasan jeruk lemon serta gula pasir secukupnya, sebelum direbus selama 30 menit,” tuturnya.

Berdasarkan pengamatan, para pengunjung yang mampir ke stan UPT Benih Induk Tanaman Hias dan Biofarmaka kerap mengambil botol berisi minuman Sereh-Lemon dingin yang dipajang di rak bertingkat. Tidak sedikit yang memuji kesegaran minuman sehat itu. Salah satunya dari Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini, yang menyambangi stan tersebut.

“Dengan minuman Sereh-Lemon dalam kemasan botol seperti ini, kita tidak perlu lagi susah payah membuatnya,” tuturnya yang saat itu didampingi Kepala UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Sumut, Marino.

Diakuinya, pengolahan hasil sangat diperlukan bagi petani untuk meningkatkan nikai jual produknya. Selain itu, kata Lusyantini, menghindarkan para petani merugi akibat harga jual hasil panen murah saat panen raya.

“Dinas TPH Sumatera Utara, melalui Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura, berupaya untuk membantu sentra pertanaman dengan melengkapi peralatan pengolahan hasil panen komoditas hortikultura,” sebutnya.

Pujian serupa juga dilontarkan Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Tanaman Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adri Airil Nasution, yang bemaksud hendak melakukan koordinasi tanaman biofarmaka ke sejumlah personil di stan UPT tersebut.

“Meski produk lain sudah banyak yang mengemasnya, namun inisiatif untuk mengemas minuman sehat dan segar seperti ini layak diacungi jempol,” paparnya.

Kasi Sayur dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adri Airil Nasution, memperlihatkan minuman Sereh-Lemon 'Mau' di stan UPT Benih Induk Tanaman Hias dan Biofarmaka, Jumat (21/10/2022). Foto Fey
Adri menyatakan, minuman Sereh-Lemon tergolong multi-khasiat. Sereh, misalnya, memiliki kandungan anti oksidan dan senyawa anti peradangan asam klorogenik. Bila minuman Sereh-Lemon dikonsumsi swcara rutin, maka akan mendongkrak kadar  hemoglobin, volume sel dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

“Khasiatnya bisa melancarkan buang air kecil, anti peradangan, meminimalisir tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah dan juga berat badan,” urainya.

Apresiasi juga diberikan Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas TPH Sumut, Jonni Akim Purba. Bahkan, ia mengajak para koleganya untuk menikmati minuman Sereh-Lemon tersebut di bagian samping stan. Tanpa sungkan, Jonni Akim aktif mempromosikan minuman tersebut ke para pengunjung yang melintas di stan UPT itu.

“Minuman ini rasanya segar dan pastinya menyehatkan,” tandasnya. Fey

Komentar

Berita Terkini