|

40 KK di Humbahas Terima Bansos UEP

Sekdakab Humbahas, Drs Tonny Sihombing, menyerahkan secara simbolis bantuan sosial untuk 40 KK pelaku UEP, di Aula Hutamas Doloksanggul, Kamis (27/10/2022). Foto Ist
Doloksanggul- Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor SE, diwakili Sekdakab, Drs Tonny Sihombing, menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada 40 Kepala Keluarga (KK) pelaku Usaha Ekonomi Produktif (UEP) di Aula Hutamas Doloksanggul, Kamis (27/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan, Pemkab Humbahas bertanggungjawab dalam hal penyelenggaraan kesejahteraan sosial dengan mengalokasikan anggaran APBD berupa pemberian bansos.

"Ini merupakan stimulan dengan memberikan bantuan peralatan atau pun bahan untuk memacu keberfungsian sosial penyandang masalah sosial," ungkap Bupati Dosmar dalam smabutan yang dibacakan Sekdakab Tonny Sihombing.

Dikemukakan, dalam penyelenggaraan sosial, masyarakat mempunyai kesempatan seluas-luasnya untuk berperan aktif dan dapat dilakukan oleh perorangan, keluarga, organisasi, badan usaha dan Lembaga Kesejahteraan Sosial.

Pada tahun 2022, lanjutnya, pihak Pemkab Humbahas melibatkan peran aktif dari keluarga dengan kriteria Keluarga tidak mampu dan keluarga disabilitas. 

"Untuk keluarga tidak mampu, seperti pelaku usaha warung kelontong, tetapi tidak mempunyai modal usaha, diberikan kebutuhan dasar rumah tangga yaitu sebanyak 18 jenis barang yang akan dijual diwarungnya," tuturnya. 

Selain itu, kata Sekdakab Tonny Sihombing, bansos untuk keluarga disabilitas yang sudah memiliki usaha, seperti tukang jahit, salon, pangkas, service elektronik, bengkel motor dan lainnya.

"Kita berharap, penerima bantuan mampu meningkatkan penghasilan ekonomi keluarga sehingga pola hidup ketergantungan yang konsumtif menjadi mandiri dan produktif," sebutnya. 

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Sosial Humbahas, Nipson Lumbangaol, menjelaskan, tujuan pemberian Bansos UEP ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pelaku usaha dagang warung kelontong dan penyandang disabilitas. Fey


Komentar

Berita Terkini