|

PGTS Gelar Bimbel Gratis Gaja Toba

Sekdakab Humbahas, Drs Tonny Sihombing, usai pembukaan kegiatan Bimbingan belajar Gratis Gaja Toba di Aula Hutama Doloksanggul, Sabtu (10/09/2022). Foto Ist 

Doloksanggul- Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor SE, diwakili Sekdakab, Drs Tonny Sihombing MIP, membuka secara resmi kegiatan Bimbingan belajar (Bimbel) Gratis Gaja Toba bekerjasama dengan Ganesha Operation (GO), di Aula Hutamas Doloksanggul, Sabtu (10/09/2022).

"Terimakasih kepada PGTS (Perkumpulan Gaja Toba Semesta, red) yang sangat peduli dengan peningkatan mutu pendidikan melalui Bimbel gratis kepada anak didik kelas XII," ungkap Tonny Sihombing.

Ia mengemukakan, pihak Pemkab Humbahas sejak tahun 2017 menganggarkan pemberian beasiswa berprestasi yang bersumber dari APBD kepada para pelajar yang masuk perguruan tinggi 10 terbaik di Indonesia. Selain itu, beasiswa juga diberikan kepada para pelajar yang masuk SMA Unggul Del Laguboti, Yayasan Tunas Bangsa Soposurung  Balige dan SMA Matauli Pandan kelas unggul A. 

Tidak hanya itu, kata Tonny Sihombing, pihak Pemkab Humbahas juga memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa yang masuk Universitas Sumatera Utara (USU) dengan akreditasi A sejak tahun 2022. Hal ini dilakukan untuk membantu kelancaran proses belajar para anak didik selama menempuh pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan.

"Pendidikan yang bermutu menjadi harapan sebagai wahana untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) bermutu yang mampu bersaing secara global," sebutnya.

Sementara, Ketua Harian PGTS, Jeffrey Samosir, menyatakan, pihaknya mengharapkan para pelajar di Kabupaten Humbahas bisa bersaing dengan SMA lainnya di Indonesia untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Jangan surut dengan perbedaan mutu pendidikan antara desa dan kota. Dimanapun  belajar, kalau ada kemauan  pasti bisa bersaing," tegas Jeffrey Samosir.

Pihak PGTS menjelaskan sekelumit kiprah Ganesha Operation kepada sejumlah pelajar dalam pembukaan Bimbingan belajar Gaja Toba secara gratis di Aula Hutamas Doloksanggul, Sabtu (10/09/2022). Foto Ist 

Sebelumnya, Ketua Panitia kegiatan, Franz Sihaloho, melaporkan, PTGS berdiri sejak tanggal 20 Mei 2016 dan saat ini sudah mengadakan bimbel gratis di sembilan kabupaten di sekitar kawasan Danau Toba. 

Tampak hadir pada kesempatan itu, Direktur Badan Otorita Danau Toba (BODT), Jimmy Panjaitan, Kadis Pendidikan Humbahas, Drs Jonny Gultom, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Humbahas dan Tapanuli Utara, Drs Alfred Silalahi MSi, para kepala sekolah dan guru pendamping pelajar. Fey

Komentar

Berita Terkini