|

Petani Langkat dan Asahan Terima Bibit Pisang Barangan

Perwakilan poktan di Kabupaten Langkat menerima bantuan bibit pisang barangan yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022, beberapa waktu lalu. Foto Ist  

Medan- Pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumatera Utara Sumut) telah mendistribusikan sebanyak 30 ribu batang bibit pisang barangan bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022 ke sejumlah anggota Kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Langkat dan Asahan.

Menurut Kepala Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Mohd Adli Putra SP MSi, setiap penerima bantuan bukan hanya mendapatkan bibit pisang barangan saja, tapi juga pupuk organik dan Trichoderma. 

"Satu paket bantuan yang bersumber dari dana APBN Tahun Anggaran 2022 ini berisi 10 ribu batang bibit pisang barangan hasil kultur jaringan, berikut 33 ton pupuk organik dan 1,1 ton Trichoderma," Adli melalui telepon selulernya, Minggu (11/09/2022) siang.

Di Kabupaten Langkat, lanjutnya, Poktan Sukat Tani pimpinan Syafrizal di Desa Telaga Said Kecamatan Sei Lepan, menerima bantuan tersebut pada Rabu, 24 Agustus 2022, silam. Begitu juga Poktan Harapan Bersama Desa Sei Lendir Kecamatan Sei Kepayang Barat yang dipimpin Sarwo Edhi dan Poktan Bandar Dara pimpinan Sunarto di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat, keduanya di wilayah Kabupaten Asahan, masing-masing menerima 10 ribu batang bibit pisang barangan, berikut 33 ton pupuk organik dan 1,1 ton Trichoderma pada Kamis, 8 September 2022.   

"Keterbatasan bibit pisang barangan hasil kultur jaringan yang membuat pendistribusian tidak bersamaan waktunya," tukas Adli.

Perwakilan dari poktan di Kabupaten Asahan menerima bantuan bibit pisang barangan, beberapa waktu lalu. Foto Ist

Saat dihubungi melalui telepon selulernya, Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, membenarkan pendistribusian bantuan tersebut.

"Iya benar, pendistribusian bantuan bibit pisang barangan dari dana APBN Tahun Anggaran 2022 baru selesai pada Minggu ini," ujarnya.

Ia menegaskan, pemerintah terus berupaya memberikan yang terbaik agar kesejahteraan keluarga petani semakin meningkat, melalui beragam bantuan. Fey 

Komentar

Berita Terkini