|

426 Mahasiswa IT Del Toba Sumut Dikukuhkan

Ketua Pembina Yayasan Del Toba Sumut, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, berbincang dengan Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor SE, saat hadir pada kegiatan INaugurasi XXII dan Dies Natalis XXI IT Del di Gedung Serbaguna IT Del Sitoluama Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sabtu (03/09/2022). Foto Ist

Doloksanggul- Rektor IT Del, Dr Arnaldo Marulitua Sinaga, mengukuhkan 426 mahasiswa baru menjadi anggota keluarga besar Institut Teknologi Del (IT Del) melalui acara Inaugurasi XXII dan Dies Natalis XXI, di Gedung Serbaguna IT Del Sitoluama, Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Sumut, Sabtu (03/09/2022). 

"IT Del mengutamakan kualitas, karakter dan kompetensi dengan pilar 3 M, yakni MarTuhan, Marroha dan Marbisuk," papar Arnaldo dalam sambutannya dihadapan Ketua Pembina Yayasan Del, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala BSSN, Hinsa Siburian, Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor SE, Bupati Toba, Poltak Sitorus, dan undangan lainnya.

Ia menjelaskan, MarTuhan yakni setiap lulusan IT Del beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Begitu juga Marroha, yaitu bijak dan trampil di bidangnya serta Marbisuk yang artinya berwawasan luas. 

"Kami berharap, para tamu yang hadir pada hari ini memberikan semangat kepada mahasiswa baru IT Del agar mampu menyelesaikan pendidikannya," imbaunya.

Arnaldo mengemukakan, IT Del saat ini menuju institut berbasis research dalam mendukung inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam upaya tersebut, pihaknya selalu melakukan pemutakhiran kurikulum pembelajaran, menerapkan metode teaching vactory. 

"Saat ini, IT Del dipercaya mengelola Taman Sains, Taman Herbal dan Hortikultura, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional dalam bentuk usaha pengembangan kualitas dan kapasitas, sekaligus meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," urainya dalam kegiatan bertajuk 'Kolaboratif Innovation to World' ini.

Arnaldo juga berpesan kepada para mahasiswa untuk mengikuti proses pembelajaran di kampus secara serius, sehingga lulus dengan bekal berkarakter, berkualitas dan inovatif.

"Lulusan IT Del diharapkan mampu bersaing di dunia kerja dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi seperti yang telah dibuktikan sebanyak 2.130 alumni yang sudah berkarya di dalam dan luar negeri," tuturnya.

Berdasarkan catatan panitia, sebanyak 19 orang dari total 426 mahasiswa baru yang dikukuhkan itu berasal dari Kabupaten Humbahas. Usai pengukuhan, dilakukan pemotongan tumpeng ulang tahun ke-21 kampus tersebut. Tampak Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan didampingi istri ikut membagikan potongan tumpeng kepada para dosen, mahasiswa dan orang tua yang hadir.

Tampak hadir, CEO maskapai penerbangan Air Asia, Tan Sri Tony Fernandes yang memberikan kuliah umum berjudul Innovation Start With Yourself Believe. Kegiatan juga diwarnai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) antara IT Del dengan mitra strategis seperti Capital A yang menaungi maskapai Air Asia, Huawei, Bank Mandiri, PT Pertamina EP Zona 7 OGT Field, PT Aimtopindo Nuansa Kimia, dan PT Tekno Buana Globalindo.

Pada kesempatan itu, Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan menyerahkan penghargaan 'Sisean Nabisuk' kepada ketiga mahasiswa, yakni Kartika Novia Hutauruk (Angkatan 2019), Fastoria Ginting (2020) dan Marudut Budiman Tampubolon (2021). Sementara, mahasiswa Angkatan Tahun 2022 yang meraih gelar 'Sisean Napantas' diraih Joshua Pratama Silitonga. Fey

Komentar

Berita Terkini