|

Poktan Boloni Tani Simalungun Terima Dana P3BT

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (pegang microfon) didampingi Kasi Aneka Kacang dan Umbi Dinas TPH Sumut, Unedo Koko Nababan (kemeja batik) menyerahkan secara simbolis dan P3BT kepada perwakilan Poktan Bolon Tani Nagori Raja Maligas I Kecamatan Hutabayu Raja, Jumat (01/07/2022) siang. Foto Fey

Simalungun- Kelompok tani (Poktan) Bolon Tani Nagori Raja Maligas I Kecamatan Hutabayu Raja Kabupaten Simalungun, menerima bantuan dana Pengembangan Produsen Benih Tanam Pangan (P3BT) Tahun Anggaran 2022 senilai Rp41.875.000.

"Ini salah satu upaya pemerintah dalam mendukung pengembangan penangkar benih padi di Kecamatan Hutabayu Raja agar nantinya bisa memenuhi kebutuhan benih para petani di wilayah ini," ungkap Kepala Seksi Aneka Kacang dan Umbi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Unedo Koko Nababan, dalam kegiatan bertajuk 'Panen Padi Sawah Poktan Sipangan Bolon Kelurahan Hutabayu Kecamatan Hutabayu Raja', Jumat (01/07/2022) siang.

Dikemukakannya, swasembada pangan merupakan salah satu program prioritas dalam pembangunan pertanian Sumut. Beragam program dan kegiatan telah dilakukan demi meningkatkan produksi pertanian. Salah satunya, bantuan dana untuk pengembangan penangkar benih tanaman pangan dan hortikultura.

"Kami berharap, penerima bantuan dana P3BT ini bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan benih padi berkualitas yang akan memenuhi kebutuhan para petani di wilayah Kecamatan Hutabayu Raja," ujarnya.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, yang turut hadir pada kegiatan itu menyambut positif kepedulian pemerintah terhadap para petani. Menurutnya, sektor pertanian merupakan ujung tombak ketahanan pangan nasional.

"Kami berharap, ke depan akan lebih banyak lagi bantuan yang diterima para petani di Kabupaten Simalungun," tuturnya yang saat itu hadir bersama Dandim 0207/SML, Letkol Inf Roly Sahuoka, Deputi Litbang BKKBN, Rijal Martua Damanik, dan anggota DPRD Simalungun, Benfri Sinaga.

Ia menyatakan, sejumlah upaya telah dilakukan pihak Pemkab Simalungun dalam membantu para petani. Bahkan, pihaknya melalui institusi terkait berencana memperbaiki dua saluran irigasi di kawasan Sipangan Bolon. 

Tak hanya itu, kata Bupati Radiapoh Sinaga, para petani diberi kemudahan untuk mengurus Surat Keterangan Tanah (SKT).

"Kita gratiskan para petani yang hendak mengurus SKT lahan pertaniannya," tegas Bupati Radiapoh sembari mengimbau aparatur desa dan kelurahan untuk membantu masyarakat dalam proses pengurusan SKT tersebut.

Sebelumnya, Camat Hutabayu Raja, Ferry Risdonni Sinaga, menjelaskan rusaknya saluran irigasi di kawasan itu. Padahal, saat ini mayoritas areal persawahan di Kecamatan Hutabayu Raja telah memasuki musim tanam. 

"Saat ini, hanya satu pintu air yang berfungsi, sehingga para petani kesulitan untuk mengairi areal persawahannya untuk memulai pertanaman padi," sebutnya.

Ferry juga mengeluhkan minimnya pasokan pupuk bersubsidi untuk para petani di wilayah Hutabayu Raja. 

"Para petani berharap, ada solusi dari pemerintah untuk mengatasi persoalan kurangnya alokasi pupuk bersubsidi," tukasnya.  

Secara terpisah, Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, menyatakan, minimnya alokasi pupuk bersubsidi tidak hanya dialami para petani di Kabupaten Simalungun, tapi sudah berskala nasional. Namun, lanjutnya, masih ada upaya sebagai alternatif meminimalisir persoalan tersebut. Beberapa diantaranya seperti, mengajukan permohonan realokasi pupuk bersubsidi ke Kementerian Pertanian, dan menyosialisasikan penggunaan pupuk non kimiawi yang telah dilakukan sejak lima tahun terakhir kepada para petani.

"Pihak Kementerian Pertanian akan menambah alokasi pupuk bersubsidi ke daerah yang membutuhkan dengan mengambil alokasi pupuk bersubsidi dari daerah yang serapan pupuknya masih rendah," urainya.

Berdasarkan pengamatan, kegiatan yang diawali dengan melakukan panen padi tersebut berlangsung semarak. Dari hasil ubinan, produktivitas diperkirakan mencapai 7,8 ton Gabah Kering Panen per ha. Fey

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (dua dari kiri), didampingi Deputy Litbang BKKBN, Rijal Martua Damanik, Anggota DPRD Simalungun, Benfri Sinaga dan Dandim 0207/SML, Letkol Inf Roly Sahuoka, melakukan panen padi di areal perswahan milik anggota Poktan Sipangan Bolon Kelurahan Hutabayu Kecamatan Hutabayu Raja, Jumat (01/07/2022) siang. Foto Ist



Komentar

Berita Terkini