|

Gubsu Edy Kemsama di Sibolangit

Gubsu Edy Rahmayadi menyapa para peserta Kemsama di Sibolangit Kabupaten Deliserdang, saat bernyanyi di panggung, Sabtu (16/07/2022) malam. Foto Ist

Sibolangit- Gubsu Edy Rahmayadi menggelar Kemah bersama (Kemsama) Majelis Pembimbing (Mabi) dengan seluruh kwartir daerah di bumi perkemahan Sibolangit Kabupaten Deliserdang, Sabtu-Minggu (16-17 Juli 2022).

Menurut Kepala Pusdiklat Kwartir Nasional (Kwarnas), Sigit Muryono, kegiatan Kemsama yang melibatkan seluruh kwartir daerah ini merupakan pertama di Indonesia. 

"Hal ini perlu dicatat sebagai sejarah bahwa Sumatera Utara di bawah bimbingan Ketua Mabida Gubernur Edy Rahmayadi merupakan kwartir daerah pertama yang menyelenggarakan Kemah Bersama seperti ini," papar Sigit saat upacara api unggun, Sabtu (16/07/2022) malam.

Pihak Kwarnas juga berterima-kasih kepada Gubsu Edy yang memberikan gedung pinjam-pakai untuk dijadikan Kantor Kwarda Sumut. Menurut Sigit, memang seperti itulah seharusnya Mabi. 

"Itulah memang peran Mabi, memberi dukungan moril dan materil, kami sangat mengharapkan dukungan seperti ini terus diberikan Mabi," ujarnya.

Sementara, Pangdam I/Bukit Barisan, Achmad Daniel, menyatakan, Kemsama tersebut menandai bangkitnya kembali gelora kepramukaan di Sumut. 

"Hari ini dengan kemah bersama ini merupakan tanda kehidupan pramuka yang dulu begitu gemerlap, ramai, gembira bersama, ini kita hidupkan kembali," sebutnya.

Jenderal Achmad mengaku sempat merasakan bergairahnya dunia pramuka di masa lalu. Pada tahun 1977, ia mengikuti Jambore Nasional di Sibolangit dan merasakan semangat pramuka yang begitu bergelora.

"Saya dulu hadir dibawa ibu saya saat saya berumur 10 tahun. Saya tahu persis di sini dulu ada guest house presiden, menteri, sangat bergairah, sangat membanggakan," tuturnya.

Selain itu, kata Jenderal Achmad, Pramuka merupakan pengkaderan pemimpin di masa depan. 

"Pramuka ini merupakan sarana pengkaderan pemimpin di masa depan yang punya wawasan kebangsaan dan tidak melihat perbedaan, melainkan bisa menjadikan perbedaan itu sebagai sesuatu yang indah," ucapnya. 

Berdasarkan pengamatan, selain Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) yang diketuai Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Pangdam I/Bukit Barisan, Achmad Daniel, beberapa kepala daerah kabupaten/kota, pimpinan OPD Pemprov Sumut, BUMN, BUMD para anggota Pramuka se-Sumut, ikut berpartisipasi dalam Kemsama tersebut. Tercatat, jumlah peserta yang mengikuti Kemsama tersebut sebanyak 3.668 orang. 

Dalam kegiatan api unggun tersebut, Gubsu Edy membangkitkan semangat para peserta yang mayoritas kaum milenial. Membakar seutas tali yang kemudian menyulut susunan kayu, sehingga membuat api berkobar, ia mengibaratkan hal itu sebagai tanda semangat kepramukaan akan terus menggelora.

"Saya minta semangat Pramuka terus kita gelorakan seperti api yang membara. Kita bangkitkan gairah kepramukaan, dobrak terus, " tegasnya yang hadir didampingi Ketua TP-PKK Sumut, Hj Nawal Lubis. Fey


Komentar

Berita Terkini