|

Kemiri Toba Ditanam di Titik Nol IKN

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, memasukkan air dan tanah dari seluruh daerah di Indonesia ke dalam Bejana Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kaltim, Senin (14/03/2022). Foto Net 

Penajam Paser Utara- Gubsu Edy Rahmayadi menanam pohon Kemiri Toba di kawasan Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/03/2022).

Berdasarkan pengamatan, komoditas rempah yang telah diekspor ke berbagai negara sekaligus merupakan produk unggulan Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara ini, ditanam bersama beragam jenis pohon dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadi orang pertama yang menyerahkan tanah dan air dari Jakarta untuk IKN, dan diakhiri Gubernur Isran Noor, yang membawa tanah dan air dari Kalimantan Timur. Diharapkan, dukungan dari kepala daerah se-Indonesia melalui air, tanah dan produk unggulan masing-masing itu dapat menjadi modal besar dalam menyukseskan pembangunan IKN Nusantara.

Sebelumnya, prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara yang dipimpin Presiden Joko Widodo, didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo berlangsung khidmat. Para gubernur dari 34 provinsi menyerahkan tanah dan air yang telah dibawa dari masing-masing daerah kepada Presiden Jokowi. Pada kesempatan itu, Gubsu Edy Rahmayadi turut menyerahkan air dan tanah Deli.

Setelah itu, Kepala Negara menyatukannya dalam wadah berwarna emas yang disebut 'Bejana Nusantara'.  Uniknya dari prosesi ini adalah tanah dan air dari tiap daerah dibawa dengan menggunakan wadah yang menjadi ciri khas dari daerah masing-masing. Hal ini juga melambangkan kekayaan budaya Indonesia sebagai suatu negara besar, sekaligus simbolisasi bahwa IKN akan menjadi kota bagi semua. Int


Komentar

Berita Terkini