|

Rempah Sumut Kian Diminati

Pihak BBKP Belawan memeriksa komoditas rempah yang hendak diekspor ke manca negara, beberapa waktu lalu. Foto Ist

Parapat- Pihak Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Belawan, mencatat adanya peningkatan ekspor terhadap komoditas rempah Sumut.

"Tahun 2021, tercatat sebanyak 57 negara tujuan ekspor rempah asal Sumatera Utara. Sementara tahun sebelumnya, yakni tahun 2020, berkisar 54 negara tujuan ekspor," papar Kepala BBKP Belawan, Andi Yusmanto, saat mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memberangkatkan 25 komoditas perkebunan dan rempah ke mancanegara melalui daring dari Pelabuhan Belawan, Jumat (10/12/2021).

Dari data IQFAST Barantan (Badan Karantina Pertanian, red), secara nasional, negara tujuan ekspor untuk komoditas rempah juga mencatat adanya peningkatan. Di tahun 2020, rempah tanah air hanya diekspor ke 114 negara. Namun, hingga awal Desember 2021, tujuan ekspor rempah nasional sudah mencapai 199 negara.

"Kuantitas dan kualitas yang baik, khususnya kayu manis yang kami budi dayakan secara organik menjadi daya tarik tersendiri," tutur pemilik CV Jasum, Suresh Choudhary, saat menerima sertifkasi ekspor secara daring dari Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Sementara, Kepala Bea Cukai Belawan, Tri Utomo, menyatakan, pihaknya bersama dengan seluruh entitas di Pelabuhan Belawan terus bersinergi untuk menyukseskan program Kementerian Pertanian. 

"Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian, atau Gratieks menjadi pemicu untuk memperkuat sinergi juga percepatan layanan di Pelabuhan Belawan," tegasnya. Fey


Komentar

Berita Terkini