|

Kapolres Batu Bara Bantu Pasutri Pemulung

Kapolres Batu Bara, AKBP Ikhwan, memberikan bantuan sepeda kepada anak pemulung di Desa Empat Negeri Kecamatan Datuk Lima Puluh, Jumat (19/11/2021). Foto Ist

Lima Puluh- Perjuangan hidup yang dilakoni pasangan suami istri (pasutri) Ridwan Sinaga (56)-Mastri Dewi Haloho (39) sebagai pemulung, mendapat simpati dari Kapolres Batu Bara, AKBP Ikhwan. Bantuan berupa bahan pokok dan biaya pendidikan berikut sepeda untuk ke sekolah, diberikan kepada pasutri tersebut.

Pertemuan antara pasutri pemulung tersebut dengan AKBP Ikhwan terjadi secara tidak sengaja. Saat melintas di jalan besar Desa Empat Negeri Kecamatan Datuk Lima Puluh menuju Tanjung Tiram, AKBP Ikhwan melihat pasutri tersebut mendorong angkong yang berisi dua anaknya. Sontak, ia menyuruh sang sopir menghentikan kendaraannya. 

"Ternyata, mereka merupakan pasangan suami istri yang bekerja sebagai pemulung untuk menghidupi tiga anaknya," ungkap AKBP Ikhwan, melalui telepon selulernya, Jumat (19/11/2021).

Merasa penasaran, ia kemudian meminta pasutri tersebut untuk memperlihatkan kediaman mereka. Sebentuk gubuk berukuran kecil yang telah bertahun-tahun ditempati pasutri itu menggugah hati AKBP Ikhwan untuk segera mengulurkan bantuan. Apalagi, setelah mendengar kegigihan pasutri dalam menafkahi keluarganya. 

"Kami terpaksa mengajak dua anak, masing-masing berusia 3,5 tahun dan satu tahun sembilan bulan untuk memulung dari jam tujuh pagi sampai jam lima sore," papar Ridwan Sinaga lantas menyatakan, anak tertuanya yang berusia 11 tahun sengaja dititipkan ke salah seorang kerabatnya.

Menyusuri kawasan Tanah Itam Hulu, Pekan Selasa, Pulau Sejuk hingga seputaran Kecamatan Lima Puluh yang berjarak puluhan kilometer, pasutri ini tidak pernah mengeluh. Padahal, hasil yang diperoleh setiap hari tergolong sedikit, yakni berkisarRp20 ribu hingga Rp30 ribu.  

"Kami terpaksa membawa dua anak yang masih kecil-kecil karena tidak ada yang menjaganya di rumah," tukas Ridwan lagi.

Mendengar penuturan tersebut, AKBP Ikhwan berjanji untuk membantu mereka. Sebagai tahap awal, pihaknya memberikan bantuan bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari keluarga itu. Berikutnya, diberikan bantuan perlengkapan sekolah berikut biaya pendidikan untuk anak tertua mereka. Tidak hanya itu, melalui Komunitas Sedekah Jumat (KSJ), kediaman Ridwan Sinaga dan Mastri Dewi Haloho bakal direnovasi.

Pihaknya juga telah mendaftarkan anak tertua mereka untuk kembali melanjutkan pendidikannya di kelas V SD. Selain perlengkapan sekolah, pihak Polres Batu Bara juga memberikan bantuan sepeda untuk digunakan saat ke sekolah.

"Silakan hubungi kami untuk biaya pendidikan, karena anak ini sudah kami angkat menjadi anak asuh Polres Batu Bara," tandasnya. Coki

Komentar

Berita Terkini