|

Kepala Daerah harus Miliki Konsep Pembangunan

Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, didampingi dua pimpinan OPD, mengikuti pelatihan pembekalan secara daring dari Rumah Dias Wali Kota, Senin (14/06/2021). Foto Ist

Binjai- Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyatakan, kepala daerah harus memiliki konsep pembangunan. Hal ini penting, mengingat masa jabatan setiap kepala daerah tergolong singkat, yakni hingga tahun 2024.

"Kepala daerah harus punya konsep yang jelas tentang arah pembangunan daerah," tegasnya saat membuka kegiatan Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri tahun 2021 secara daring, Senin (14/06/2021).

Ia mengimbau kepala daerah benar-benar memperhatikan sekaligus menyukseskan prioritas pembangunan yang telah dibuat Presiden. Apalagi, di masa pandemi seperti saat ini. Menurutnya, efek domino pandemi ini perlu diantisipasi dan dicarikan solusi terbaik. Salah satunya dampak ekonomi, dimana pendapatan masyarakat mengalami penurunan. 

"Kita perlu memberi ruang kepada investasi. Jadi saya minta kepala daerah agar evaluasi Perda-perda yang menghambat investasi,” sebutnya.

Ia juga meminta kepala daerah mengefisiensikan birokrasi. Dikemukakannya, jabatan-jabatan yang dianggap bisa difungsionalkan agar difungsionalkan. Selain itu juga ditekankan upaya mengatasi pandemi yang belum maksimal di daerah-daerah. 

Sebelumnya, Kepala BPSDM Kemendagri, Dr Teguh Setyabudi MPd melaporkan, pembekalan kepemimpinan diikuti 214 Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota non pertahanan. Pertemuan tatap mata/daring dilaksanakan selama 5 hari, yakni 14-18 Juni 2021, sedangkan tatap muka berlangsung tiga hari.

"Pelatihan kepemimpinan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepala daerah tentang pemerintahan daerah," paparnya.

 Sementara di Kota Binjai, Wali Kota, Drs H Amir Hamzah didampingi Kadis Kesbangpol, T Syarifudin dan Plt Kepala Bappeda, Majid Ginting, mengikuti kegiatan Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri secara daring dari rumah dinas wali kota, Senin (14/06/2021). Ian


Komentar

Berita Terkini