|

Pemko Binjai Bangun Komitmen di Musrenbang

Plt Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP bersama unsur Forkopimda Binjai, usai membuka Musrenbang RKPD tahun 2022 di Aula Pemko Binjai, Kamis (01/04/2021). Foto Ist

Binjai- Plt Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP berharap seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan untuk bisa membangun komitmen yang sama melalui masukan bersifat konstruktif dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Binjai tahun 2022.

"Komitmen yang sama itu akan menghasilkan rumusan strategis kebijakan anggaran untuk tercapainya visi-misi pembangunan Kota Binjai pada RPJMD Binjai tahun 2021-2026," paparnya saat membuka Musrenbang bertajuk 'Pemulihan Ekonomi Masyarakat Kota Binjai melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan serta Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat' di Aula Pemko Binjai, Kamis (01/04/2021).

Ia mengemukakan lima prioritas pembangunan, masing-masing meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan kualitas pelayanan publik, menurunkan tingkat kemiskinan serta menurunkan tingkat pengangguran. Selain itu, lanjutnya, terdapat tujuh sasaran makro pembangunan Kota Binjai yang ingin dicapai dalam RPJMD tahun 2021. Pertama, kata Amir Hamzah, laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,60%. Kemudian tingkat kemiskinan menurun menjadi 5,12% dan tingkat pengangguran terbuka turun menjadi 5,42%. Selanjutnya, Indek Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 77,50% dan Gini Ration 0,289, inflasi 0,42% serta PDRB perkapita Rp11.588.

"Semua peserta Musrenbang diharapkan memberikan saran dan masukan guna tersusunnya perencanaan pembangunan daerah Kota Binjai yang mampu mewujudkan masyarakat lebih sejahtera dan Kota Binjai yang lebih maju, berbudaya dan religius," imbaunya.

Sementara, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Sumut, Ir HM Efendy Pohan MSi, mengapresiasi penyelenggaraan MUsrenbang yang merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan pembangunan daerah.

"Diharapkan melalui Musrenbang ini dapat bermanfaat dalam merumuskan prioritas pembangunan dan program prioritas yang akan dilaksanakan oleh pemerintah kota Binjai," sebutnya.

Tampak hadir, Dandim 0203/Langkat, Letkol (Inf) Wisnu Joko Syahputra, Dekan Fakultas Ekonomi USU, Prof Dr Ramli MS, Kepala BNN Binjai, AKBP Suprayogi dan unsur lainnya. Ian


Komentar

Berita Terkini