|

'Cupang Kito Tanbe' Raih Dua Gelar Juara

Para pemenang Kontes Ikan Cupang Prapat Janji Kabupaten Asahan, usai menerima penghargaan, Minggu (07/03/2021). Foto DP

Kisaran- Komunitas penggemar ikan cupang yang tergabung dalam "Cupang Kito Tanbe" Kota Tanjungbalai meraih dua gelar juara dalam Kontes Ikan Cupang Prapat Janji Kabupaten Asahan di Samba Huta, Minggu (07/03/2021).

"Cupang Kito Tanbe meraih juara dua di Kelas Fancy Marble Koi dan Kelas baby Plakat Fancy Marble," papar Sekretaris komunitas, Mhd Faiz, di sela kontes.

Menurutnya, prestasi ini sangat membanggakan, mengingat, keberadaan komunitas Cupang Kito Tanbe tergolong baru, yakni terbentuk dua bulan silam. Selain itu, Faiz mengklaim pihaknya baru dua kali juga mengikuti kontes sejenis.

"Di kontes pertama yang berlangsung Minggu lalu di Kabupaten Batu Bara, kami tidak mendapatkan juara apa pun. Hari ini, Alhamdulillah, kami meraih dua gelar juara," tuturnya.

Ia mengakui, prestasi tersebut sebagai langkah awal bagi anggota komunitas untuk semakin bersemangat dalam menggeluti budidaya ikan cupang, sehingga mampu meningkatkan perekonomian keluarga.

“Semoga hasil juara hari ini menjadi penyemangat dan motivasi bagi kami untuk terus belajar cara budidaya ikan cupang," sebutnya. 

Harapan senada dikemukakan anggota komunitas ini, Andi Hasibuan.

"Mudah-mudahan kemenangan ini akan membawa aura positif bagi masyarakat Kota Tanjungbalai agar mau menekuni budidaya ikan cupang yang memiliki nilai ekonomis," ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Panitia Kontes 'Cupang Prapat Janji', Heri, menjelaskan, kontes ikan cupang diselenggarakan agar memiliki nilai ekonomis. Hal ini mengingat, ikan cupang termasuk kategori ikan hias, sehingga pembudidaya harus mengetahui cara merawat dan memenuhi permintaan jenis ikan yang disukai konsumen. Ditambahkannya, kontes ikan cupang merupakan sarana dan tempat pembudidaya ataupun pehobi ikan menyalurkan bakat atau menunjukkan eksistensinya sebagai seorang pembudidaya

"Kita berharap, para pembudidaya ikan cupang lebih memahami kelas ikan yang lebih baik dan bagus," tegas pemilik Community Cupang Heri Prapat Janji ini.

Dalam kontes ini, kata Heri, lebih ditonjolkan model ikan asli dari alam dengan sejumlah kriteria penilaian, diantaranya keaslian genetik ikan serta original warna. 

"Ikan yang ditampilkan tidak ada rekayasa, menarik, cantik dan seimbang besar tubuh dan ekornya," tandasnya. DP

Komentar

Berita Terkini