|

Wali Kota Idaham Panen Ikan di Binjai Timur

Wali Kota Binjai, HM Idaham, memperlihatkan hasil panen ikan gurami dari kolam milik Pokdakan Usaha Bersama di Kecamatan Binjai Timur, Kamis (26/11/2020). Foto Ist 

Binjai- Wali Kota Binjai, HM Idaham SH MSi, memanen ikan lele dan gurami di kolam milik Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Usaha Bersama di kawasan Jalan Danau Poso Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kamis (26/11/2020).

"Terima kasih atas undangannya karena selama ini saya banyak diundang saat pelepasan bibitnya saja," ujar Idaham yang saat itu didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Agustawan Karnajaya serta Camat Binjai Timur, Hadriansyah Putra Pohan. 

Ia menilai, budidaya perikanan di Kota Binjai, khususnya perikanan darat, semakin meningkat. Bahkan, sejumlah penangkar bibit ikan sudah mulai melakukan inovasi.

"Saya rasa ini sangat penting buat kita karena dari beberapa indeks inflasi daerah, kebutuhan akan ikan itu merupakan bagian terpenting," ungkapnya.

Idaham mengklaim, saat ini baru lima persen kebutuhan ikan masyarakat Binjai yang bisa terpenuhi. Mayoritas, lanjutnya, berasal dari luar Kota Binjai, utamanya ikan laut. Pihaknya berharap, perikanan darat Kota Binjai semakin maju dan lebih baik lagi di masa mendatang. 

"Khusus Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, agar bisa tetap berkoordinasi dengan pelaku pembudidaya, baik dalam penyediaan benih, makanan maupun pasca-panen mereka," imbaunya.

Sebelumnya, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai, Agustawan Karnajaya, menyatakan, pada tahun ini ada enam kelompok pembudidaya ikan yang akan mendapatkan sertifikat dari pemerintah pusat.

"Itu merupakan kemudahan, mana tahu bapak-bapak mendapatkan pesanan dari kabupaten/kota lain dengan sertifikat ini sudah bisa dijamin paling tidak dari segi teknisnya bahwa benih ikan yang ada di Kota Binjai memang sehat dan layak untuk dibudidayakan," sebutnya.

Sementara, Pemilik Pokdakan Usaha Bersama, Apri Syabina, mengaku terus berjuang membudidayakan ikan patin, gurami, nila dan lele. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Ia mengajak para pelaku usaha perikanan di Kota Binjai untuk bersama-sama memajukan sektor perikanan, sehingga ke depan bisa semakin maju dan dikenal ke seluruh nusantara. Ian

Komentar

Berita Terkini