|

Bioskop di Medan Boleh Beroperasi lagi, Asalkan...

Asisten Administrasi Umum Setdako Medan, Renward Parapat, memimpin rapat pembahasan izin pembukaan kembali pertunjukan film di bioskop Kota Medan, di Ruang Rapat II Balai Kota Medan, Kamis (19/11/2020). Foto Ist 

Medan- Pihak Pemko Medan bakal mengizinkan pengelola bioskop membuka usahanya lagi. Syaratnya, pihak pengelola harus memiliki komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dalam upaya mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

“Perlu ada komitmen dari pengelola bioskop agar bisa menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selanjutnya komitmen ini akan disampaikan kepada pimpinan untuk diputuskan,” papar Asisten Administrasi Umum Setdako Medan, Renward Parapat dalam rapat membahas izin pembukaan kembali pertunjukan film di bioskop, di Ruang Rapat II Balai Kota Medan, Kamis (19/11/2020). 

Dihadapan para pengusaha dan pengelola bioskop Kota Medan, Renward menyatakan, masih terdapat pro-kontra di masyarakat tentang beroperasinya bioskop di masa pandemi Covid-19. Meskipun, lanjutnya, Peraturan Wali Kota Medan seputar Adaptasi Kebiasaan Baru pada KOndisi Pandemi Covid-19 mengizinkan bioskop kembali beroperasi dengan penerapan prokes ketat.

Mengenai prokes dimaksud, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Mardohar Tambunan MKes, menjelaskan, standar dan prosedur yang harus dipenuhi itu antara lain, kewajiban memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, adanya peralatan pendukung proses tracing, cek suhu tubuh, pembatasan jumlah penonton maksimal 25% dari kapasitas gedung, melarang penonton di bawah usia 12 tahun dan di atas usia 60 tahun, serta melarang penonton untuk makan minum di dalam gedung bioskop.

"Bioskop menjadi salah satu lokasi yang berisiko tinggi dalam penularan, sehingga harus ada prosedur khusus dan standar kesehatan yang harus diikuti para pengelola bioskop agar bisa beroperasi lagi," paparnya.

Menanggapi hal itu, seluruh pengusaha/ pengelola bioskop di Kota Medan menyatakan kesiapannya untuk mengikuti prosedur dan standar kesehatan sesuai peraturan. Bahkan, pihak pengusaha bioskop mengaku siap dievaluasi serta diawasi saat tempat usahanya kembali beroperasi. Van 

  

Komentar

Berita Terkini