|

KSJ Simalungun Bantu Dhuafa

Ketua KSJ Simalungun, dr Darwin Siahaan Mkes, didampingi Sekretaris, Herman Maris dan Wakil Ketua, Eripson Ginting menyerahkan bantuan beras kepada seorang warga, Jumat (03/07/2020). Foto Ist 
Simalungun- Relawan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Kota Pematangsiantar dan KSJ Kabupaten Simalungun, memberikan paket bahan pokok kepada kaum dhuafa di dua wilayah itu, Jumat (03/07/2020).

"Kita bagikan langsung ke rumah para dhuafa sekalian silaturahim," ungkap Ketua KSJ Siantar, Novri di sela kegiatan.

Ia mengemukakan, kegiatan bakti sosial ini dilakukan usai sholat Jumat di Masjid Mahmudiyah Kelurahan Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun. Sebelum berkunjung ke rumah para dhuafa, kata Novri, relawan KSJ membagikan nasi kotak kepada para jamaah sholat Jumat dan pengendara sepeda motor yang melintas di kawasan Jalan Medan-Siantar.

"KSJ ini merupakan binaan AKBP Ikhwan Lubis yang sekarang menjabat Kapolres Batubara dan tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Utara," paparnya yang saat itu didampingi Ustad Samin Pane, Ustad H Farhan, Ketua Umum KSJ, Saharuddin, Ketua KSJ Simalungun, dr Darwin Siahaan MKes, Wakil Ketua KSJ Simalungun, Eripson Ginting, Bidang Kartini, Royani Harahap dan Sekretaris KSJ Simalungun, Herman Maris.

Novri menilai, tujuan pendirian KSJ tergolong mulia, karena peduli dengan sesama masyarakat yang membutuhkan, tanpa memandang suku dan agama. Apalagi, lanjutnya, saat pandemi Covid-19, tidak sedikit masyarakat yang terdampak secara ekonomi, sehingga membutuhkan bantuan.

Hal itu dibenarkan Ustad H Farhan. "Kita harus membantu sesama yang membutuhkan, tanpa memandang suku dan agama," tegasnya.

Ia mencontohkan relawan KSJ di Kabupaten Simalungun yang berasal dari beragam suku dan agama.

"KSJ menggelar bakti sosial setiap hari Jumat, sesuai dengan namanya, Komunitas Sedekah Jumat," sebutnya.

Ustad Farhan mengklaim, KSJ merupakan komunitas yang sangat menginspirasi, amanah, nasionalis, mantap dan peduli (MANTAP). Ditambahkan, kegiatan di Siantar dan Simalungun merupakan bakti sosial KSJ ke 47, termasuk di Batu Bara, Asahan dan Medan.

"Untuk Siantar dan Simalungun, baru pertama ini melakukan bakti sosial. Rencananya, setelah KSJ Siantar dan Simalungun dikukuhkan Jumat depan, akan dilanjutkan lagi membagikan bahan pokok untuk para dhuafa," paparnya lantas menambahkan, direncanakan Kapolres di dua wilayah itu akan mengukuhkan kepengurusan relawan KSJ.

Sementara, Ketua Umum KSJ, Saharuddin mengaku bangga atas terbentuknya relawan KSJ di Kota Pematangsiantar dan Simalungun. Ia berharap, para relawan bekerja secara ikhlas, tanpa pernah berfikir mendapatkan hasil.

“Bekerja lah secara ikhlas, biar Tuhan yang membalasnya karena Tuhan itu Maha Tahu dan Maha Pemurah,” tandasnya. Ris


Komentar

Berita Terkini