|

Dinas TPH Provsu Distribusikan Benih Minapadi

Foto Fey
Medan- Pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) telah mendistribusikan bantuan benih padi dan bibit ikan nila melalui program minapadi di Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 2019. 

"Sudah kita distribusikan bantuan sebanyak 1.250 kilogram benih padi beragam varietas untuk lahan seluas 50 hektar dan 125 ribu ekor bibit ikan nila berikut pakan seberat 4.500 kilogram kepada para kelompok tani di empat kabupaten," ungkap Kepala Dinas TPH Provsu, Ir Dahler Lubis MMA melalui telepon selulernya, Jumat (11/10/2019).

Ia menjelaskan, empat kabupaten dimaksud yakni, Langkat, Serdangbedagai (Sergai), Simalungun dan Mandailing Natal (Madina). Dahler mengklaim, program Minapadi sangat efektif membantu petani dalam meningkatkan kesejahteraannya, karena tidak sekadar menghasilkan padi, tapi juga ikan dalam satu areal pertanaman yang memiliki sistem irigasi teknis.
   
"Minapadi mampu meningkatkan optimalisasi lahan sawah, tidak hanya menghasilkan padi tapi juga ikan. Selain itu, penggunaan air dan pupuk juga lebih efisien, sehingga biaya produksi relatif lebih murah," paparnya.

Dahler mengemukakan, Minapadi merupakan usahatani gabungan dengan memanfaatkan genangan air di lahan yang ditanami padi untuk budidaya ikan. Meski lahan pertanaman padi menjadi berkurang karena untuk memelihara ikan, namun, pihaknya memastikan produktivitas tidak terganggu, bahkan justru meningkat.

"Keberadaan ikan di lahan sawah mampu menghasilkan pupuk organik dan juga memakan hama yang akan merusak tanaman padi," tegasnya.

Foto Fey
Secara terpisah, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas TPH Provsu, M Juwaeni merinci kelompok tani penerima bantuan benih padi dan ikan dalam program Minapadi pada tahun 2019. Untuk Kabupaten Langkat, lanjutnya, ada empat kelompok tani (kelomtan) dari tiga desa di Kecamatan Tanjungpura yang menerima bantuan tersebut, masing-masing Tunas Baru dan Sido Mukti (Desa Pematang Cengal), Desa Pantai (Desa Pulau Banyak) serta Lestari (Desa Perkubuan).

"Sebanyak 125 kilogram benih padi dan 12.500 ekor bibit ikan nila berikut pakan seberat 450 kilogram diberikan untuk kelompok tani di Kabupaten Langkat dengan lahan seluas lima hektar," tuturnya.

Begitu juga di Kabupaten Sergai, kata Juwaeni, Kelomtan Melati Jaya (Desa Melati II) Kecamatan Perbaungan dan Madani (Desa Kutabaru) Kecamatan Tebingtinggi menerima benih padi sebanyak 625 kg dan 62.500 ekor bibit ikan nila berikut pakan seberat 2.250 kg untuk lahan seluas 25 ha. Selanjutnya Kabupaten Simalungun, Kelomtan Sejati (Desa Huta Dipar) Kecamatan Gunung Maligas menerima 250 kg benih padi dan 25 ribu ekor bibit ikan nila berikut pakan seberat 900 kg untuk lahan seluas 10 ha.Sementara di Kabupaten Madina, Kelomtan Palas Indah (Desa Panyabungan Jae) dan Sepakat Prima (Desa Hutalombang Lubis) di Kecamatan Panyabungan menerima 250 kg benih padi serta 25 ribu ekor benih ikan nila berikut pakan seberat 900 kg untuk lahan seluas 10 ha.

"Kita berharap, bantuan yang dananya bersumber dari APBD Sumut Tahun Anggaran 2019 ini bisa dimanfaatkan para penerima untuk meningkatkan kesejahteraannya," ujar Juwaeni.

Ketua Kelomtan Sejati Desa Huta Dipar Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun, Syafaruddin, menandatangani berkas penerimaan bantuan dihadapan perwakilan dari Dinas TPH Provsu dan Dinas Pertanian Simalungun, beberapa waktu lalu. Foto Fey 
Ketua Kelomtan Sejati Desa Huta Dipar Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun, Syafaruddin menyambut positif bantuan tersebut. Menurutnya, bantuan itu memperlihatkan keberpihakan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

"Kami akan manfaatkan bantuan pemerintah ini untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani," tandasnya. Fey
Komentar

Berita Terkini