|

Kementerian PUPR Bangun SPAM di Mebidang

Teks Foto: Wagubsu Musa Rajekshah menerima kunjungan Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Lantai 9, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (15/7/2019). Foto  Ist
Medan- Pihak Kementerian Perumahan dan Pekerjaan Umum (Kementerian PUPR) mempercepat pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional daerah Medan, Binjai dan Deliserdang (Mebidang), Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Direktur Pengembangan SPAM Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Agus Ahyar, pihaknya juga akan mempercepat menyediakan air untuk Medan bagian Utara, serta menyalurkan hibah air minum untuk PDAM Tirtanadi dari Kementerian Keuangan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Dijelaskannya, tiga kegiatan ini dilakukan untuk mengoptimalkan SPAM yang sudah ada.

“Dahulu ada kesepahaman antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah Medan-Binjai-Deliserdang tentang pembangunan SPAM Regional yang berlaku sampai Januari 2019. Itu yang akan kita perbaharui dalam waktu dekat ini,” paparnya saat beraudensi dengan Wagubsu Musa Rajekshah di Kantor Gubernur kawasan Jalan Diponegoro Medan, Senin (15/7/2019).

Ia mengklaim, program ini sudah delapan tahun belum terlaksana. "Mudah mudahan dengan semangat dari Pak Wagub, bisa cepat direalisasikan, karena masih banyak warga yang belum mendapatkan air bersih,” harapnya.

Hal senada dikemukakan Direktur Utama PDAM Tirtanadi, Trisno Sumantri. Dikemukakannya, SPAM Regional merupakan program lama.

“Jadi pihak pusat hadir ke mari untuk menindaklanjuti dan mencari tahu apa kendalanya, sehingga pengerjaan ini dapat segera dilaksanakan. Untuk itu kami harus duduk bersama juga dengan pemerintah daerah,” tuturnya.

Wagubsu Musa Rajekshah menyambut positif keinginan Kementerian PUPR untuk memperbaharui kerja sama SPAM Regional yang telah kadaluarsa. “Program ini harus segera dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat dan sesuai aturan,” ujarnya. Fey

Komentar

Berita Terkini