|

Harga Cabai Merah masih Mahal

Teks Foto: Kepala Dinas TPH Provsu, Ir Dahler Lubis MMA, saat membuka rapat koordinasi teknis di Garuda Plaza Hotel Medan, beberapa waktu lalu. Foto Fey  
Medan-  Harga jual cabai merah di sejumlah pasar tradisional Kota Medan masih relatif mahal. 

Berdasarkan pengamatan di Pasar Sei Sikambing, Sabtu (29/6/2019), harga cabai merah berada di kisaran Rp75 ribu per kilogram (kg). Tidak jauh berbeda dengan harga jual cabai merah di pasar tradisional Simpang Limun yang masih berada di angka Rp76 ribu per kg. Bahkan, di pasar tradisional Pringgan, cabai merah mencapai angka Rp80 ribu per kg 

"Stok menipis, makanya harga pengambilan masih mahal," ungkap Boru Siregar, pedagang di pasar tradisional Sei Sikambing Medan.

Ia mengaku sempat mendapat pasokan cabai merah dari Pulau Jawa, sehingga harga jual bisa lebih murah. Namun, saat ini, pasokan tersebut tidak ada lagi. "Kami terpaksa menjual dengan harga mahal karena pengambilannya juga masih mahal," sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Ir Dahler Lubis MMA, membenarkan harga cabai merah yang masih mahal tersebut.

"Luas panen cabai merah di Sumatera Utara masih sedikit, sehingga stoknya minim," ujar Dahler di ruang kerjanya kawasan Jalan AH Nasution Medan, beberapa waktu lalu.

Ia mengemukakan, luas panen pada Juni 2019 hanya berkisar 1.984 hektar. Kondisi itu tidak jauh berbeda dari dua bulan sebelumnya yang berkisar 1.800-an ha. "Saat rapat posko beberapa waktu lalu, diketahui data panen di seluruh kabupaten/kota mengalami penurunan," tuturnya.

Biasanya, kata Dahler, areal panen cabai merah di provinsi ini setiap bulan berkisar 3.300 ha. Namun, lanjutnya, sejak tiga bulan terakhir, yakni sejak April, luas panen cabai merah mengalami penurunan.

"Bulan Juni ini, ada empat kabupaten di Sumatera Utara yang panen cabai merah, masing-masing, Simalungun, Tanah Karo, Batubara dan Asahan," paparnya.

Hingga kini, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi minimnya stok cabai merah. Salah satunya dengan melakukan pengawalan terhadap pertanaman cabai merah agar terhindar dari serangan hama dan penyakit.

"Mudah-mudahan, luas panen cabai merah di bulan Juli sudah kembali normal, sehingga harga jual bisa kembali turun," tandasnya.***



----------
Komentar

Berita Terkini