|

PT Taspen Tingkatkan Kesejahteraan ASN dan Pensiunan

Branch Manager PT Taspen (Persero) Medan, Anne Roosfianti, bersama Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus menjelaskan empat program untuk meningkatkan kesejahteraan para ASN dan pensiunan, di Kantor Gubsu kawasan Jalan Diponegoro Medan, Senin (06/05/2024). Foto Ist 

Medan - Pihak manajemen PT Tabungan Pensiun Negara (Taspen) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyosialisasikan empat program untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para pensiunan.

Menurut Branch Manager PT Taspen (Persero) Medan, Anne Roosfianti, empat produk yang telah diterbitkan PT Taspen itu, masing-masing, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Tabungan Hari Tua, Program Pensiun, dan Jaminan Kematian. Dalam program JKK, secara mandatory telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2017, setiap ASN bisa mendapatkan manfaat tambahan melalui program Group Personal Accident yang dikelola oleh Taspen Life.

“Memiliki premi Rp5.000 per bulan, setiap peserta berhak mendapatkan santunan meninggal dunia senilai Rp60 juta, akibat meninggal dunia karena kecelakaan kapanpun dan di manapun,” paparnya saat konperensi pers bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumut, Ilyas S Sitorus, tentang sosialisasi program-program PT Taspen di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro No 30 Medan, Senin (06/05/2024).

Ia menegaskan, Taspen Grup yang terdiri dari PT Taspen (Persero) sebagai induk perusahaan dan Bank Mantap, serta Taspen Life selaku anak perusahaan berkomitmen memperkuat kolaborasi program untuk ASN di wilayah Provinsi Sumut. Dikemukakannya, bersama Taspen, para peserta dapat menjalankan tugas dengan tenang, fokus, dan tidak perlu khawatir akan masa depan dan keluarganya. Hal ini mengingat, perlindungan telah dijamin mulai dari masa CPNS. 

"Saat aktif, masuk masa pensiun, berhenti sebelum pensiun, hingga peserta dan keluarga/ahli waris meninggal dunia, dengan berbagai manfaat dari Program Tabungan Hari Tua, Dana Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian yang dikelola oleh Taspen,” sebut Anne dihadapan para wartawan.

Taspen, lanjutnya, juga fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan peserta tidak hanya sewaktu berstatus aktif ASN, namun juga setelah memasuki usia pensiun. Untuk itu PT Taspen juga menghadirkan program Warung Mantap Sejahtera (WMS) dari Bank Mantap.

“Pada program ini ASN yang akan pensiun atau telah pensiun diberikan fasilitas dan pendampingan dalam mendirikan dan menjalankan usaha warung kebutuhan sehari-hari dengan harapan, dapat menciptakan pensiunan yang mandiri dan sejahtera melalui aspek kewirausahaan,” ujar Anne yang hadir bersama Distribution Head 1 Bank Mantap, Tiara Mayasari dan jajarannya.

Selama ini, pihaknya juga telah berkolaborasi dengan pemerintah daerah dengan membuka titik layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Medan, Tebing Tinggi, dan Asahan. Di MPP ini, peserta dapat mengajukan klaim, non klaim, hingga permintaan formulir, informasi, dan perekaman data biometrik (enrollment) untuk proses otentikasi dana pensiun.

“Mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan peserta, Taspen kini hadir lebih dekat dan lebih mudah. Pengajuan klaim dapat dilakukan secara daring dengan akses ke website Taspen Online Service (https://tos.taspen.co.id); layanan informasi dan keluhan pelanggan melalui Taspen Care https://tcare.taspen.co.id); dan aplikasi Taspen Mobile dan Taspen Otentikasi untuk pengguna smartphone,” pungkasnya

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus menyambut baik program PT Taspen tersebut. 

“Terima kasih atas sosialisasi program PT Taspen dalam meningkatkan manfaat kepesertaan bagi ASN, sehingga perlu disosialisasikan manfaat program asuransi yang dikelola oleh BUMN ini,” tuturnya. Van


Komentar

Berita Terkini