|

Dinas Ketapang TPH Sumut Bagikan Bibit Buah ke Madina dan Sidimpuan

Kabid Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip, didampingi Sub-Koordinator STO, Adri Airil Nasution, dan Plh Sub-Koordiantor Buah dan Flori, Nurgabena Siregar, menyerahkan bibit durian kepada perwakilan poktan di Kota Padangsidimpuan, Rabu (08/05/2024). Foto Ist

Sidimpuan - Pihak Bidang Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut, membagikan 3.000 batang bibit durian dan alpukat kepada 13 kelompok tani (poktan) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan Kota Padangsidimpuan, Selasa (07/05/2024).

"Bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2024 ini untuk mendukung sektor pertanian tanaman hortikultura, khususnya tanaman buah agar lebih maju, mandiri dan modern di Kabupaten Mandailing Natal dan Kota Padangsidimpuan," ungkap Kepala Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip, melalui sambungan telepon seluler dari Kota Padangsidimpuan, Rabu (08/05/2024) siang.

Ia berharap, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan para anggota poktan penerima dengan cara merawatnya, sehingga memperoleh hasil panen maksimal yang mampu meningkatkan pendapatan keluarga. Apalagi, lanjutnya, pemberian bibit buah tersebut juga dilengkapi dengan bantuan pupuk organik sebanyak satu ton per 100 batang bibit.

"Total bantuan yang diberikan ke 13 poktan di wilayah Kabupaten Mandailing Natal dan Kota Padangsidimpuan, masing-masing, 1.500 batang bibit durian dan 1.500 batang bibit alpukat berikut 30 ton pupuk organik," papar Lambok Turnip yang mengaku baru saja menyerahkan bantuan sebanyak 500 batang bibit durian berikut lima ton pupuk organik kepada perwakilan empat poktan di Kota Sidimpuan. 

Kabid Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip, didampingi Sub-Koordinator STO, Adri Airil Nasution, dan Plh Sub-Koordinator Buah dan Flori, Nurgabena Siregar, berbincang dengan perwakilan poktan penerima di Kabupaten Mandailing Natal, Selasa (07/05/2024). Foto Ist

Sementara, Plh Sub-Koordinator Buah dan Flori Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Nurgabena Siregar, yang turut hadir di lokasi bersama Sub-Koordinator Sayuran dan Tanaman Obat, Adri Airil Nasution, menjelaskan, bantuan bibit durian dan alpukat di Kabupaten Madina diberikan untuk sembilan poktan. Untuk bibit durian, diterima Poktan Cinta Rasa Kopi Desa Simangambat Kecamatan Siabu (400 batang), Poktan Harapan Baru Desa Binanga Kecamatan Hutabargot (300 batang), Poktan Sang Surya Desa Gunung Tua Tonga Kecamatan Panyabungan (400 batang), Poktan Karya Mandiri Desa Angin Barat Kecamatan Tambangan (200 batang) dan Poktan Harapan Maju Desa Pangkat Kecamatan Lembah Sorik Marapi (200 batang). Sementara, penerima bibit alpukat adalah Poktan Maju Desa Beringin Jaya Kecamatan Panyabungan Utara (600 batang), Poktan Perubahan Desa Malintang Jae Kecamatan Bukit Malintang (300 batang), serta Poktan Subur Desa Muaramais Jambur dan Poktan Padang Kunik Desa Tambangan Tonga, keduanya di Kecamatan Tambangan, masing-masing menerima sebanyak 300 batang.

"Bantuan ke Kabupaten Mandailing Natal itu sudah kita serahkan hari Selasa kemarin (7 Mei 2024, red) yang diterima langsung Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal, Bapak Siar Nasution, yang selanjutnya menyerahkannya ke perwakilan poktan penerima," urai Nurgabena Siregar.  

Di Kota Sidimpuan, lanjutnya, bantuan bibit durian berikut pupuk organik diterima oleh tiga poktan di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, masing-masing Poktan Mekar Sari Tani Desa Baruas (100 batang), Poktan Adil Desa Ujung Gurap (200 batang) dan Poktan Puja Balakka Desa Batang Bahal (100 batang), serta Poktan Sahata Desa Joring Natobang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu (100 batang).

"Mudah-mudahan, bantuan ini bisa berkembang secara baik, sehingga mampu menambah pendapatan petani penerima," harapnya. Fey


Komentar

Berita Terkini