|

Persiapan Delegasi Sumut ke Penas KTNA Padang Hampir Rampung

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, H Sutarman (kemeja biru), berdialog dengan pihak panitia Penas KTNA XVI di Lanud Sutan Sjahrir Tabing Padang, Sumatera Barat, saat melakukan survei lokasi, beberapa waktu lalu.
Medan | Persiapan terus dilakukan pihak Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut menghadapi ajang Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, yang dijadwalkan berlangsung selama 10-15 Juni 2023 mendatang.

“Kita sudah melakukan survei lokasi pelaksanaan Penas KTNA di Padang dan berkoordinasi dengan pihak terkait,” ungkap Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut, H Sutarman, melalui telepon selulernya, Selasa (21/03/2023) pagi.

Tidak hanya ke lokasi pelaksanaan Penas KTNA XVI di kawasan Landasan Udara Sutan Sjahrir Tabing Padang, pihaknya juga telah meninjau pemondokan yang akan ditempati delegasi dari Sumut. Didampingi personil Dinas Pertanian Kota Padang, rombongan meninjau pemondokan di tiga kelurahan yang berdekatan dengan lokasi kegiatan Penas KTNA didatangi, masing-masing Dadok Tunggul Hitam, berjarak sekira 7-10 kilometer, Sungai Lareh Lubuk Minturun (5-7 km) dan Parupuk Tabing (1-2 km).

“Setelah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pertanian Kota Padang, kita berharap pemondokan delegasi Sumatera Utara berada di Kelurahan Parupuk Tabing dengan kapasitas 192 rumah dan 501 kamar,” papar Sutarman lantas menambahkan, koordinasi dengan pihak Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat juga telah dilakukan untuk memastikan pelaksanaan even nasional tersebut berlangsung lancar.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, H Sutarman, bersama rombongan, foto bersama usai berkoordinasi terkait pelaksanaan Penas KTNA XVI di Lanud Sutan Sjahrir Tabing, Juni 2023 mendatang, dengan pihak Dinas Pertanian Kota Padang, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Sementara, Kepala Seksi Penyelenggara dan Informasi Penyuluhan Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, Gustina Roma Siregar, yang ditemui di ruang kerjanya, kawasan Jalan AH Nasution Medan, mengaku, sebanyak 1.521 orang dari 32 kabupaten/kota di Sumut, kecuali Humbanghasundutan, telah mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari delegasi Sumut ke Penas KTNA XVI di Padang.

“Setiap kabupaten/kota tidak hanya mengirimkan peserta utama yang notabene anggota KTNA, tapi juga peninjau, pendamping dan peserta yang berangkat secara swadaya atau atas biaya sendiri,” sebut Gustina Roma yang saat itu didampingi rekan sejawatnya, Kepala Seksi Ketenagaan Penyuluh, Fredy Amrin Siregar dan Kepala Seksi Kelembagaan Penyuluh, Syafnurdin Asroi.

Ia merinci, kabupaten/kota dimaksud adalah Binjai (32 orang), Medan (20), Dairi (16), Serdangbedagai (48), Padanglawas Utara (25), Asahan (60), Tapanuli Utara (33), Padangsidimpuan (35), Pematangsiantar (34), Labuhanbatu Utara (47), Labuhanbatu (91), Nias Selatan (5), Samosir (7), Toba (47), Langkat (105), Labuhanbatu Selatan (45), Batu Bara (27)Padanglawas (30), Tebingtinggi (13), Nias (5), Tapanuli tengah (33), Deliserdang (122), Pakpak Bharat (6), Sibolga (12), Karo (29), Tanjungbalai (30), Nias Barat (10), Nias Utara (15), Mandailing Natal (150), Tapanuli Selatan (46), Gunungsitoli (3), dan Simalungun (115).

“Dari jajaran Unit Pelaksana Teknis dan Bidang yang ada di Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara, akan berangkat sebanyak 200 orang. Itu belum termasuk Organisasi Pimpinan Daerah dan Biro di jajaran Setda Provinsi Sumatera Utara,” tutur Gustina Roma.

Saat ini, pihaknya terus berkoordinasi, baik dengan panitia penyelenggara, maupun di jajaran Setda Provsu yang juga bakal hadir dalam Penas KTNA XVI.

"Provinsi Sumatera Utara tetap memanfaatkan jasa Event Organizer yang akan memfasilitasi transportasi dari bandar udara ke pemondokan, termasuk bila ada kendala seputar penerangan dan air selama di pemondokan," urai Gustina Roma. 

Secara terpisah, Kepala Dinas Ketapang TPH Sumut, H Rajali, mengimbau kepada anggota delegasi Sumut untuk memanfaatkan momen Penas KTNA XVI di Padang sebagai ajang bertukar informasi dan teknologi pertanian.

“Ini memang even nya pertanian, khususnya anggota KTNA seluruh Indonesia agar mampu meningkatkan pengetahuan sekaligus wawasan demi perbaikan kesejahteraan keluarga petani dan nelayan,” tegasnya. Fey

Salah satu rumah pemondokan delegasi Sumut di Penas KTNA XVI Padang, yang ditinjau pihak Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, beberapa waktu lalu. Foto Ist


Komentar

Berita Terkini