|

100 Tanaman Buah Lengkapi Koleksi Taman PKK Sumut

Pengelola UD Mitra Tani, Idham Kholik Nasution, secara simbolis menyerahkan bibit tanaman buah kepada Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Adri Airil Nasution, sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan 'Gerakan Penanaman 1.000 Pohon' yang dipusatkan di Magelang Provinsi Jawa Tengah awal Februari 2023, di lokasi penangkaran bibit kawasan Jalan Madura Lingkungan III Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Rabu (25/01/2023) siang.. Foto Fey
Binjai | Pihak Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut menyiapkan sebanyak 100 tanaman buah untuk melengkapi koleksi Taman PKK Sumut di kawasan Jalan dr Mansyur Medan.

Menurut Kepala Dinas Ketapang TPH Sumut, H Rajali, beragam jenis tanaman buah tersebut akan ditanam  dalam kegiatan nasional bertajuk ‘Gerakan Penanaman 1.000 Pohon' yang digagas pihak Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (Oase KIM) pada 1 Februari 2023 mendatang.

“Ibu negara, Iriana Joko Widodo didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin, bersama seluruh anggota komunitas OASE KIM secara resmi akan memulai kegiatan ‘Gerakan Penanaman 1.000 Pohon’ secara nasional dengan menanam pohon Siwalan di Magelang Provinsi Jawa Tengah, yang diikuti seluruh provinsi di Indonesia,” papar Rajali melalui telepon selulernya, Rabu (25/01/2023).

Ia mengemukakan, kegiatan itu sebagai bagian dari ‘Hari Gerakan Satu Juta Pohon' yang diperingati setiap tanggal 10 Januari, dalam upaya pelestarian lingkungan. 

“Ini merupakan bentuk pemanfaatan lahan dan kepedulian terhadap lingkungan dalam upaya mewujudkan lingkungan yang sehat dan asri,” tuturnya.

Ia berharap, gerakan ini akan membuat masyarakat bisa mengubah kebiasaan menebang dan menggantinya dengan menanam sekaligus merawat tanaman.

“Jika tidak bisa menanam pohon, maka rawat lah. Atau minimal tidak merusak pohon yang ada demi kelestarian lingkungan hidup,” imbaunya.

Sementara, Kepala Bidang Tanaman Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip, menyatakan,  tanaman buah sengaja dipilih untuk melengkapi koleksi  Taman PKK Sumut yang saat ini hanya ditanami rambutan dan mangga, selain tanaman obat serta bunga.

“Sebanyak 100 batang bibit buah-buah yang akan ditanam di Taman PKK Suatera Utara itu terdiri dari durian varietas Bintana, cempedak Guling, manggis varietas Idaman, Alpukat Idola, rambutan Brahrang dan mangga Malaba itu semuanya berlabel biru,” tuturnya via telepon seluler dari Jakarta.

Secara terpisah, Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat (STO) Bidang Tanaman Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Adri Airil Nasution, menjelaskan, bibit tanaman buah tersebut berasal dari salah satu penangkar binaan di wilayah Kota Binjai. 

“Kita terus berupaya memberdayakan para penangkar kita, termasuk penangkar bibit tanaman buah milik Bapak Idham Kholik Nasution ini agar mampu menghasilkan bibit berkualitas dan memiliki legalitas dalam bentuk sertifikasi label bibit atau pun benih tanaman,” ujarnya saat menyambangi Usaha Pembibitan UD Mitra Tani yang dikelola Idham Kholik Nasution di kawasan Jalan Madura Lingkungan III Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Rabu siang.

Salah seorang pekerja UD Mitra Tani menempelkan label biru ke tanaman buah dalam polibag, beberapa waktu lalu. Foto Fey
Adri mengklaim, keterlibatan penangkar binaan dalam setiap kegiatan di sektor pertanian menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan pertanian di suatu wilayah. 

“Sektor pertanian sangat membutuhkan peran-serta para penangkar berlegalitas, dalam menghasilkan bibit atau pun benih berkualitas, agar hasil panen bisa maksimal, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga petani,” sebutnya.

Dilibatkannya pihak penangkar dalam kegiatan nasional tersebut disambut positif Idham Kholik Nasution. Pihaknya menyatakan kesiapannya untuk mendukung setiap kegiatan pemerintah, utamanya terkait tanaman buah.

“Kita siap mendukung program pemerintah agar sektor pertanian, terutama dalam penyediaan bibit tanaman buah berkualitas, bisa berkembang lebih baik di masa mendatang,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Idham Kholik Nasution mengingatkan semua pihak untuk memperlakukan tanaman seperti makhluk hidup lainnya, agar hasil panennya bisa maksimal.

“Tanaman ini sama seperti makhluk hidup lainnya yang butuh perhatian dan perawatan agar tumbuh sehat dan berbuah lebat,” tandasnya. Fey


Komentar

Berita Terkini