|

Wabup Oloan Nababan Ikut Pertemuan Tahunan BI di Medan

Wabup Humbahas, Oloan Paniaran Nababan, saat menghadiri PTBI di Medan, Rabu (30/11/2022). Foto Ist
Doloksanggul | Wakil Bupati (Wabup) Humbang Hasundutan (Humbahas), Oloan Paniaran Nababan SH MH bersama kepala daerah di Sumut menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) bertajuk 'Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju', di Grand Hotel Adimulia Medan, Rabu (30/11/2022). 

Pada kesempatan itu, Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyatakan, kondisi global masih bergejolak. Meskipun Indonesia mampu bertahan hingga kini, namun tetap harus waspada. Kondisi global yang bergejolak disebabkan masih berlangsungnya perang Rusia dan Ukraina yang tidak diketahui kapan akan berakhir. Kemudian, perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China yang kembali memanas serta karantina wilayah (lockdown) di China hingga Semester I 2023 turut menambah ketidakpastian global. 

"Kebijakan pemerintah dan BI yang sangat kuat khususnya fiskal dan moneter perlu dipertahankan dan dilanjutkan untuk tetap bertahan menghadapi gejolak global, memperkuat optimisme, dan tetap waspada, sehingga ekonomi akan semakin pulih dan bangkit menuju Indonesia Maju," ujarnya. 

Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya dari Assembly Hall, Jakarta Convention Center, mengemukakan, dinamika perekonomian nasional sepanjang 2022 terus menunjukkan perbaikan meski disertai berbagai tantangan. Berlanjutnya perbaikan ekonomi domestik tidak terlepas dari respons sinergi kebijakan yang kuat antara Pemerintah, Bank Indonesia dan otoritas terkait. 

"Optimisme itu perlu dijaga untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia Maju. Dalam hal ini, Bank Indonesia berkomitmen untuk terus menjaga dan memperkuat optimisme terhadap momentum kebangkitan ekonomi nasional, antara lain melalui PTBI 2022," tuturnya.

Ia menambahkan, pandangan dan arahan tersebut sangat ditunggu oleh para pemangku kepentingan dan akan menjadi referensi, khususnya bagi pelaku industri, investor dan kalangan dunia usaha dalam menentukan berbagai kebijakan maupun keputusan bisnis ke depan.

Sekadar mengingatkan, PTBI merupakan puncak high level event BI yang telah diselenggarakan secara rutin. Agenda utama PTBI adalah penyampaian pandangan BI mengenai kondisi perekonomian nasional, tantangan yang dihadapi dan arah kebijakan Bank Indonesia ke depan, serta penyampaian arahan Presiden Republik Indonesia mengenai kebijakan Pemerintah ke depan. Fey

Komentar

Berita Terkini