|

KTNA Sumut Bahas Persiapan Penas XVI di Sumbar

Kabid Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Sutarman, bersama sejumlah staf dan pengurus KTNA dari berbagai kabupaten/kota di Sumut, usai mengikuti Rembug Harian KTNA Sumut 2022 di Aula UPT PTPH, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Selasa (20/12/2022). Foto Ist
Medan | Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumut bersama pihak Bidang Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), membahas persiapan kontingen Sumut yang hendak mengikui Pekan Nasional (Pekan Nasional) KTNA XVI di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, pada 10-15 Juni 2023.

“Kita mendapatkan kuota peserta sebanyak 3.000 orang di Penas KTNA nanti,” ungkap Kepala Bidang Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Sutarman, saat memimpin kegiatan Rembug Harian KTNA Sumut 2022 di Aula Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Selasa (20/12/2022) pagi. 

Diakuinya, kuota yang diberikan panitia penyelenggara tersebut masih jauh dari harapan. Berdasarkan data yang diterima dari pengurus KTNA kabupaten/kota pada pekan lalu, jumlah peserta dari Sumut baru berkisar 1.249 orang. 

“Pengurus KTNA di kabupaten/kota yang ada di seluruh Provinsi Sumatera Utara harus segera melakukan konsolidasi, sekaligus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota agar bersedia memfasilitasi kegiatan Penas XVI ini,” imbau Sutarman yang saat itu didampingi Kepala Seksi Kelembagaan, Syafnurdin Asroi, Kepala Seksi Penyelenggara dan Informasi Penyuluhan, Gustina Roma Siregar, dan Kepala Seksi Ketenagaan, Fredy Amrin Siregar. 

Imbauan tersebut segera direspon positif Wakil Ketua I KTNA Sumut, Sartono Amnas.

“Kita sudah melakukan konsolidasi kepada rekan-rekan pengurus KTNA di seluruh kabupaten/kota untuk persiapan Penas XVI di Padang tahun depan,” tegasnya. 

Salah satu upaya yang dilakukan, dengan menyusun komposisi penanggungjawab selama berlangsungnya kegiatan Penas XVI. Bahkan, pihaknya akan menyisip kekosongan kepengurusan KTNA di sejumlah kabupaten/kota yang telah habis masa bhaktinya. Tujuannya, agar kiprah KTNA Sumut bisa semakin optimal dalam membantu para petani dan nelayan meningkatkan kesejahteraan keluarganya. 

“Hari ini, dalam kegiatan Rembug Harian KTNA Sumatera Utara, kita membahas materi yang akan ditampilkan kontingen Sumatera Utara di Penas nanti,” sebutnya. Fey

Komentar

Berita Terkini