|

Ayo Jadi Petani Milenial

Sekda Provsu, Arief S Trinugroho, didampingi Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini, menyerahkan DIPA kepada perwakilan dinas pertanian se Sumut, saat Rapat Dinas Pertanian di Hotel Grand Mercure Medan, Selasa (13/12/2022). Foto Ist 
Medan | Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu), Arief S Trinugroho, mengajak kaum muda untuk menjadi petani. Apalagi, sektor pertanian saat ini semakin memikat dengan transformasi digital dan inovasi yang berkembang pesat. 

 "Anak muda harus mau bergerak di sektor pertanian karena sudah sangat inovatif, terpadu, cara mengakses modalnya juga berbeda, dan banyak yang nilai komoditasnya bagus," paparnya saat membuka Rakor Dinas Pertanian se-Sumut di Hotel Grand Mercure Medan, Selasa (13/12/2022) sore. 

Ia berharap, minat kaum muda terhadap pertanian mampu menekan tingginya angka urbanisasi, yang terus menjadi perhatian khusus Pemprov Sumut. Berdasarkan data, masyarakat desa hanya tersisa 24% di akhir tahun 2022 dan mayoritas di usia 55 tahun. 

 "Saya meminta ke semua Dinas Pertanian se-Sumut untuk bisa meningkatkan daya tarik pertanian kepada anak-anak muda karena sektor pangan strategis vital pengaruhnya pada perekonomian Sumut," ujarnya. 

Sementara, Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, Hj Lusyantini, mengklaim, pertanian menjadi fokus Pemprov Sumut. Kondisi tersebut membuat Sumut mampu bertahan, baik saat Covid-19 maupun kondisi ekonomi sekarang yang sulit. 

“Bapak Gubernur sudah sejak awal fokus pada sektor pertanian, karena ketahanan pangan sangat penting. Ini butuh kolaborasi kita, kerja sama kuat untuk memaksimalkan pertanian Sumut,” tegasnya. 

Pada kesempatan itu, pihak Pemprov Sumut menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) ke Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Sumut. Fey
Komentar

Berita Terkini