|

Perhiptani Sumut Dukung Petani Gunakan Pupuk Organik

Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini, diapit Ketua Perhiptani Sumut, Ir H Soekirman, dan Kabid Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Sutarman, foto bersama dengan staf Bidang Penyuluhan dan sejumlah peserta rapat koordinasi di Raz Hotel dan Convention, kawasan Jalan Dr Mansyur Medan, Senin (28/11/2022). Foto Ist
Medan | Pihak Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sumut berkomitmen mendukung petani menggunakan pupuk organik. 

“DPW Perhiptani Sumut berkomitmen untuk menggalakkan penggunaan pupuk organik kepada para petani,” tegas Ketua DPW Perhiptani Sumut, Ir H Soekirman, dalam Rapat Koordinasi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut dengan pengurus Perhiptani se Sumut di Raz Hotel dan Convention Medan, kawasan Jalan Dr Mansyur Medan, Selasa (29/11/2022).

Ia mengklaim pentingnya penggunaan pupuk organik di saat keterbatasan pasokan pupuk berbahan kimia yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini mengingat, proses pertanaman, baik komoditas pangan maupun hortikultura, harus tetap berlanjut, karena menjadi mata pencaharian utama mayoritas petani. Selain itu, pemanfaatan pupuk organik pada tanaman, bakal menghasilkan produk sehat untuk dikonsumsi masyarakat. Lebih penting lagi, biaya yang dikeluarkan petani untuk modal bercocok-tanam, akan semakin murah karena bahan baku pupuk organik relatif terjangkau dibanding buatan pabrikan.

“Kita ingin petani Sumatera Utara sejahtera dan melalui penggunaan pupuk organik, hasil yang akan diperoleh petani akan semakin banyak,” sebut mantan Bupati Serdangbedagai ini.

Ia juga mengingatkan para penyuluh agar terus menyosialisasikan pemupukan berimbang kepada para petani. Sebagai pendamping para petani, penyuluh juga harus terus melakukan transfer teknologi dalam upaya mewujudkan peningkatan kesejahteraan keluarga petani.

“BPP (Balai Penyuluh Pertanian, red) sebagai KostraTani harus memiliki kemampuan mengidentifikasi dan menganalisas potensi pengembangan pertanian di wilayah kerjanya masing-masing, sekaligus merencanakan konsep pertanian terpadu,” imbaunya.

Kabid Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Sutarman, melaporkan kegiatan rapat koordinasi Dinas TPH Sumut dengan sejumlah pengurus DPW Perhiptani Sumut dan perwakilan DPD kabupaten/kota di Raz Hotel dan Convention, kawasan Jalan Dr Mansyur Medan, Senin (28/11/2022). Foto Ist
Sementara, Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini, saat membuka kegiatan pada Senin (28/11/2022) malam, mengaku, Perhiptani memiliki peran penting membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sistem penyuluhan yang efektif, efisien dan produktif, sekaligus mengembangkan serta menyebarluaskan teknologi pertanian kepada para petani. Pihak Perhiptani juga merencanakan konsep pembangunan pertanian secara terintegrasi di masing-masing wilayah kerjanya. Hal itu sejalan dengan program Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) yang digagasa pihak Kementerian Pertanian (Kementan) dalam upaya meningkatkan produksi komoditas pertanian, sekaligus menambah penghasilan keluarga petani.

“Perhiptani memiliki peran penting untuk menyukseskan kawasan sentra pertanaman pangan dan hortikultura yang terintegrasi itu,” tegas Lusyantini.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Sutarman, melaporkan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti sebanyak 30 peserta dari perwakilan DPW Perhiptani Sumut dan DPD kabupaten/kota. Tujuannya untuk menyatukan sekaligus memperkuat hubungan antara pengurus dan anggota melalui koordinasi berikut konsolidasi kebijakan serta kelembagaan  dalam mengoptimalkan tugas dan fungsi penyuluhan pertanian di Sumut.

“Perhiptani merupakan wadah profesi para penyuluh pertanian dengan tujuan untuk mengembangkan sistem penyuluhan secara efektif, efisien dan produktif yang dilaksanakan bersama pemerintah dan masyarakat,” ujar Sutarman didampingi Kepala Seksi Kelembagaan, Syafnurdin Asroi. Fey

Kepala Seksi Kelembagaan Bidang Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Syafnurdin Asroi (kemeja coklat deretan atas) foto bersama peserta usai penutupan kegiatan di Raz Hotel dan Convention, kawasan Jalan Dr Mansyur Medan, Selasa (29/11/2022). Foto Ist


Komentar

Berita Terkini