|

Enam Petugas PIP di Sumut Jadi yang Terbaik

Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini, menyerahkan hadiah kepada salah seorang petugas PIP terbaik karena secara rutin melaporkan data komoditas pangan dan hortikultura di wilayah tugasnya, dalam 'Pertemuan Koordinasi dan Evaluasi Petugas PIP Tahun 2022 di Hotel Grand Kanaya, kawasan Jalan Darussalam Medan, Selasa (29/11/2022). Foto Ist 
Medan | Petugas Pelayanan Informasi Pasar (PIP) tanaman pangan dan hortikultura di enam kabupaten/kota di Sumut, didapuk sebagai yang terbaik dalam memberikan laporan data secara rutin selama tahun 2022. Enam kabupaten dimaksud, yakni Simalungun, Serdangbedagai, Tapanuli Utara, Langkat, Tapanuli Selatan dan Kota Binjai.

"Reward (penghargaan, red) berupa cenderamata ini merupakan salah satu apresiasi kita terhadap kinerja yang telah diperlihatkan para petugas PIP selama tahun 2022," papar Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, Hj Lusyantini, usai penyerahan hadiah dalam acara 'Pertemuan Koordinasi dan Evaluasi Petugas PIP tahun 2022 di Hotel Grand Kanaya, kawasan Jalan Darussalam Medan, Selasa (29/11/2022).

Ia mengemukakan, peran PIP sangat penting bagi para petani, mengingat, menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan akses petani terhadap pasar dan informasi pasar. Selain itu, mampu meningkatkan daya tawar petani, memberikan masukan penyusunan kebijakan pemasaran komoditas pertanian serta perencanaan usaha-tani, serta meningkatkan arus perdagangan antar daerah.

Lusyantini menegaskan, salah satu keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh kualitas penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan pemasaran, melalui ketersediaan informasi pasar yang aktual, akurat dan kontinu. Untuk itu, diperlukan pelayanan informasi pasar yang profesional, agar mampu menjadi pertimbangan dalam penyusunan kebijakan yang tepat sesuai perkembangan pasar.

"Kita sangat mengapresiasi para petugas PIP yang secara rutin melaporkan data komoditas pangan dan hortikultura di daerahnya masing-masing," ujar Lusyantini.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Sutarman, melaporkan, kegiatan ini diikuti petugas PIP dari 32 kabupaten/kota di Sumut. Melalui kegiatan ini, lanjutnya, akan dievaluasi semua pencapaian petugas PIP selama tahun 2022, termasuk menelaah kembali pemahaman petugas, terkait metode pengumpulan dan pelaporan data harga dan stok agar lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan. 

"Ada empat nara sumber kita undang dalam kegiatan ini untuk membekali wawasan para petugas PIP yang menjadi peserta," sebutnya.

Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini didampingi sejumlah stafnya, foto bersama dengan para petugas PIP dari enam kabupaten yang meraih penghargaan atas kinerjanya melaporkan data komoditas pangan dan hortikultura selama tahun 2022, di Grand Kanaya Medan, Selasa (29/11/2022). Foto Ist 
Sementara, Kepala Seksi Kepala Seksi Penyelenggaraan dan Informasi Penyuluhan Bidang Penyuluhan Dinas TPH Sumut, Gustina Roma Siregar, menambahkan, keempat nara sumber dimaksud, yakni Fika Harini Sinaga dari Direktorat Pemasaran Hasil Pangan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Ir T Maiza Inaya MM (BPS Sumut), Hardi M Situmeang SST (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut), dan Kepala Bulog Sumut, Arif Mandu.

"Beberapa poin penting telah dirumuskan dari empat nara sumber itu, termasuk mengevaluasi cara pemantauan harga dan pengambilan data selama ini," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Gustina Roma juga menyebutkan enam petugas PIP dari enam kabupaten yang mendapatkan reward dari pihak Dinas TPH Sumut, masing-masing Nurhelly Purba SP (Simalungun), Hasnawati Harahap (Sergai), Eva Revika Pasaribu SP (Taput), Jasmarita SP (Langkat), Elly Hartati Lubis SP (Tapsel) dan Ir Diana Barus (Kota Binjai).

"Mudah-mudahan, penghargaan itu bisa memacu para petugas PIP di daerah lain untuk semakin bersemangat dalam menjalankan tugasnya di lapangan," harapnya. Fey

Para peserta pertemuan dan nara sumber foto bersama usai acara penutupan, Selasa (29/11/2022). Foto Ist 


Komentar

Berita Terkini