|

Gubsu Edy Tanam Perdana Cabai Merah di Palas

Gubsu Edy Rahmayadi sebelum melakukan penanaman cabai merah perdana di areal milik Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas, Jumat (14/10/2022) pagi. Foto Fey
Sibuhuan- Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Plt Bupati Padang Lawas (Palas), H Ahmad Zarnawi Pasaribu dan unsur Muspida setempat, melakukan penanaman perdana cabai merah di areal milik Dinas Pertanian Palas, kawasan Pagur Satio Barumun Selatan, Jumat (14/10/2022).

“Gerakan tanam perdana cabai merah di Kabupaten Padang Lawas hari ini sangat penting dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat,” papar Gubsu Edy dihadapan seratusan masyarakat yang menyaksikan kegiatan itu.

Sebagai salah satu komoditas pemicu inflasi, pihaknya secara gencar menyosialisasikan penanaman cabai merah. Bahkan, kata Gubsu Edy, gerakan menanam 10 batang cabai merah dalam polibag di halaman rumah setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) telah dicanangkan sejak beberapa bulan lalu.

Ia juga berharap, Kabupaten Palas bisa kembali menjadi sentra peternakan sapi. Berdasarkan sejarah, Padanglawas atau Padang yang luas difungsikan pemerintahan kolonial Belanda sebagai daerah peternakan untuk menghasilkan daging dan susu sapi.

“Saya minta untuk peternakan juga harus digalakkan di daerah ini, sebagaimana sejarah dari nama ini dahulu zaman Belanda,” sebutnya.

Di sela kegiatan, pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, diwakili Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, M Juwaeni, membenarkan imbauan Gubsu Edy kepada kalangan ASN untuk bertanam cabai merah di halaman rumah masing-masing. Untuk menindaklanjuti seruan tersebut, pihaknya telah menginstruksikan beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Benih Induk Hortikultura (BIH) di bawah jajaran Dinas TPH Sumut untuk memperbanyak bibit cabai merah dalam polibag. 

"Silakan kepada para ASN yang membutuhkan bibit cabai merah dalam polibag untuk mengirimkan surat permohonan kepada kami (Dinas TPH Sumut, red)," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Palas, Falah Alfitri Harahap, mengaku, kabupaten ini belum mandiri dalam hal ketahanan pangan, seperti jagung, beras, cabai merah, cabai rawit dan lainnya. Saat ini, produksi petani cabai merah masih minus -69%. Defisit juga masih dialami komoditas cabai rawit sebesar 37% dan bawang merah minus 99%.

"Produksi petani kita belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Padang Lawas, sehingga masih berharap pasokan dari luar kabupaten ini," ujarnya. 

Gubsu Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan pestisida dan bibit cabai merah kepada anggota poktan penerima, sebelum melakukan gerakan tanam perdana cabai merah di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas, Jumat (14/10/2022) pagi. Foto Fey
Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adri Airil Nasution, yang berada di lokasi itu menyatakan, kunjungan kerja Gubsu Edy Rahmayadi ke Kabupaten Palas juga diwarnai dengan penyerahan bantuan kepada sejumlah kelompok tani. Dari Dinas TPH Sumut, lanjutnya, diberikan pupuk cair hayati kepada anggota Gapoktan Bina Usaha Desa Sayur Maincat Kecamatan Barumun Selatan, Cabai keriting untuk Gapoktan Wahana Karya Mandiri Desa Paran Batu Kecamatan Ulu Barumun, serta lima unit handsprayer kepada pihak Dinas Pertanian Kabupaten Palas. 

"Lima handsprayer itu nanti akan didistribusikan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas kepada kelompok tani yang membutuhkannya," papar Adri.

Berdasarkan catatan, pihak Dinas Pertanian Kabupaten Palas juga menyerahkan bantuan bibit cabai merah dalam polibag kepada Poktan Lubuk Koman dan Poktan Malaka Sepakat Desa Pagaran Malaka Kecamatan Lubuk Barumun, Poktan Habibi Mandiri Desa Pagaran Jae Batu Kecamatan Lubuk Barumun, Poktan Martahan Desa Aek Lancat Kecamatan Lubuk Barumun serta Poktan Saba Galanggang Desa Batang Taris Lingkungan VII Kecamatan Barumun. Fey 

Para personil Dinas TPH Sumut yang dipimpin Kabid Tanaman Pangan, M Juwaeni (nomor tiga dari kanan), usai persiapan lahan untuk gerakan tanam perdana cabai merah di areal kantor Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas, Jumat (14/10/2022). Foto Fey 

  

Komentar

Berita Terkini