|

Gubsu Edy Rahmayadi Buka Porprovsu XI

Gubsu Edy Rahmayadi foto bersama usai meluncurkan Maskot PON di Aceh-Sumut tahun 2024 mendatang, Foto Ist 

Deliserdang- Pemukulan gondang sembilan yang dilakukan Gubsu Edy Rahmayadi dan sejumlah bupati/wali kota serta anggota Forum komunikasi pimpinan daerah, menandai Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) XI dimulai, di Gedung Serbaguna Pemprovsu, kawasan Jalan Willem Iskandar, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (29/10/2022). 

Ia mengemukakan, even Porprovsu kali ini tergolong istimewa karena menjadi ajang rekrutmen para atlet dan official pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 di Aceh dan Sumut. Diharapkan, pihak KONI Sumut dan para peserta mempersembahkan prestasi terbaik.

"Bersatu kita juara. Sudah kita pastikan, kalau kita bersatu kita juara," tegasnya.

 Gubsu Edy meyakini, Sumut memiliki talenta luar biasa yang mampu mengharumkan nama daerah di kancah nasional, bahkan internasional. 

"Ini bukan kegiatan politik. Ini adalah kegiatan besar untuk kebanggaan Sumut yang sama sama kita cintai," sebut Gubsu Edy.

Sebelumnya, Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis, melaporkan, Porprovsu XI diikuti 5.155 peserta yang terdiri dari atlet, official hingga panitia, dari seluruh kabupaten/kota se-Sumut. Para atlet bertanding di 17 cabang olahraga (cabor) mulai 29 Oktober hingga 5 November 2022.

"Sebanyak 17 cabor ini dipilih karena memiliki pengurus di kabupaten/kota," tuturnya.

 Lebih lanjut dijelaskannya, sebanyak 17 cabor yang dipertandingkan, yakni angkat berat, karate, biliar, wushu sanda, bola voli, atletik, tenis meja, pencak silat, tarung derajat, sepakbola, tinju, drum band, bulutangkis, muaythai, binaraga, pentanque, dan taekwondo. 

"Para peserta akan memperebutkan 256 medali emas, 256 perak dan 256 perunggu," ujarnya.

John Ismadi Lubis menyatakan, Porprovsu merupakan wujud pembinaan prestasi olahraga di Sumut. Selain itu, lanjutnya, merupakan langkah awal rekrutmen pelatih, serta atlet dalam rangka Pelatda PON 2024, sekaligus motivasi bagi masyarakat untuk giat berolahraga.

Sementara, Ketua KONI Pusat, Marciano Norman, diwakili Wakil Ketua Umum, Suwarno, mengharapkan kontingen Sumut dapat menunjukan prestasi terbaiknya pada PON 2024 mendatang. 

"Mari sama sama masyarakat dan instansi terkait, maupun KONI se-Sumut untuk mau berbagi dan berkontribusi agar kesiapan kontingen Sumut ke depan akan semakin baik," imbaunya.

Pada kesempatan tersebut, Gubsu Edy meluncurkan logo, tagline dan maskot PON XXI ACEH-SUMUT 2024. Untuk Sumatera Utara, dipilih maskot bernama Matra (Harimau Sumatera). Matra dimaksud menggunakan Tanjak Melayu, Ulos Batak dan tampak gorga batak. Tagline yang diluncurkan juga memiliki semangat yang optimis yaitu ‘Bersatu Kita Juara’.

Turut hadir Pangdam I/BB, Acmad Daniel Cardin, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting dan Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, Bupati Batubara Zahir, Bupati Labura Hendryanto Sitorus, Bupati Karo Cory Sebayang, Bupati Samosir Vandiko, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Tuahta Saragih. Van

--------

Komentar

Berita Terkini