|

Petani Humbahas Butuh PPL dan PPS

Para peserta Rakor PPL dan PPS se Kabupaten Humbahas di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul, Senin (26/09/2022). Foto Ist

Doloksanggul- Bupati Humbanghasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor SE, menyatakan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) harus membawa dampak positif bagi masyarakat. 

"Kehadiran PPL dan PPS ditengah masyarakat sangat diharapkan sehingga masyarakat bisa lebih memahami bertanam sampai pada pemasaran hasil," papar Bupati Dosmar pada Rapat Koordinasi PPL dan PPS se-Kabupaten Humbang Hasundutan, di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Senin (26/09/2022). 

Ia berharap, para PPL mampu memberi pemahaman bagaimana memilih tanaman yang akan menguntungkan lebih besar. Salah satunya, memilih tanaman yang tidak gampang busuk seperti kopi, jagung dan lainnya. Hal ini mengingat, jarak tempuh untuk mengirimkan hasil panen ke sejumlah kota, seperti Medan, Padang dan daerah lainnya tergolong jauh. 

Kendati demikian, pihak Pemkab Humbahas terus berupaya untuk meringankan beban petani melalui beragam bantuan. 

"Tahun 2023, kita akan upayakan penggunaan traktor dan alat berat lainnya untuk petani secara gratis," sebutnya. 

Tampak hadir, Asisten Administrasi dan Kesra Drs. Janter Sinaga, Asisten Pemerintahan Makden Sihombing SSos MM dan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ir. Junter Marbun. Fey


Komentar

Berita Terkini